Mari Kenali Gejala Anemia Secara Umum

Gejala anemia pada anak maupun orang dewasa perlu diwaspadai agar kedepannya bisa langsung ditindaklanjuti oleh dokter. Anemia sendiri terjadi ketika tubuh seseorang mengalami kekurangan sel darah hemoglobin. Adapun tugas sel darah tersebut adalah untuk memasok oksigen ke seluruh tubuh. Bila sel darah hemoglobin berkurang, maka pasokan oksigen ke seluruh tubuh pun akan berkurang. Bila seseorang mengalami defisiensi oksigen dalam tubuhnya, maka tubuh akan terasa mudah sekali lelah dan juga letih. Berbagai aktivitas tidak bisa dilakukan seperti biasanya, bahkan terkadang, penderita anemia juga bisa mengalami pingsan saat ia terlalu lelah.

gejala anemia

Tanda dan Gejala Anemia

Anemia sendiri terdiri dari tiga derajat keparahan diantaranya yaitu anemia ringan, anemia sedang dan terakhir anemia berat. Penyakit anemia ringan merupakan anemia dengan kadar hemoglobin sekitat 9.5-13 g/dL. Adapun anemia sedang ialah anemia dengan kadar hemoglobin sekitar 8-9.5 g/dL. Untuk anemia berat, biasanya penderita memiliki kadar hemoglobin dibawah 8 g/dL dan ini sangat rentan sekali.

Adapun gejala-gejala yang bisa dirasakan saat seseorang terkena anemia adalah sebagai berikut :

  • Tubuh terasa sering letih dan lesu
  • Pucat
  • Jantung tidak beraturan
  • Sering merasa pusing atau sakit kepala
  • Sering merasa dingin dibagian  tangan dan kaki
  • Susah berkonsentrasi
  • Merasakan kram pada kaki
  • Sesak napas dan sering ngos-ngosan

Pada penderita anemia ringan biasanya gejala yang terjadi hanyalah tubuh sering terasa letih dan lesu serta memiliki kulit yang pucat. Sedangkan, bila anemia sudah masuk ke tahap berat, biasanya penderita mengalami sesak napas serta jantung berdebar tidak beraturan. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan oksigen ke jantung dan paru-paru sehingga kinerjanya pun terganggu.

Sebenarnya, beberapa jenis anemia bisa dicegah dengan kita menerapkan pola makan dan pola hidup yang sehat. Contohnya adalah dengan mencukupi asupan vitamin harian dan zat besi yang cukup sehingga bisa mencegah datangnya anemia akibat defisiensi vitamin dan zat besi. Selain disebabkan karena kekurangan asupan vitamin dan zat besi, anemia juga bisa disebabkan oleh faktor lain seperti adanya penyakit bawaan thalasemia, adanya kelainan darah seperti myelofibrosis dan leukimia, adanya infeksi malaria, kanker, penyakit ginjal dan penyakit lain juga bisa mengakibatkan adanya penyakit anemia.

Mari Kenali Gejala Anemia Secara Umum Mari Kenali Gejala Anemia Secara Umum
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Gejala anemia pada anak maupun orang dewasa perlu diwaspadai agar kedepannya bisa langsung ditindaklanjuti oleh dokter. Anemia sendiri terjadi ketika tubuh seseorang mengalami kekurangan sel darah hemoglobin. Adapun tugas sel darah tersebut adalah untuk...
Informasi Kesehatan Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *