Mari Kenali Pneumonia, Penyakit Infeksi Paru yang Berbahaya

Penyakit pneumonia merupakan salah satu jenis penyakit yang harus kita waspadai. Taukah kamu bahwa pada tahun 2001 terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa pneumonia merupakan penyebab kematian nomor 6 tersering di Indonesia. Penelitian ini disajikan oleh data SEAMIC Health Statistic. Lebih mengejutkan lagi, penyakit pneumonia merupakan penyebab kematian balita kedua terbanyak di Indonesia menurut data dari Riskerdas pada tahun 2007. Pneumonia merupakan salah satu jenis infeksi saluran pernafasan bawah yang sampai saat ini masih menjadi permasalahan yang harus di waspadai di berbagai negara.

penyakit pneumonia

Pneumonia sendiri merupakan suatu kondisi dimana paru-paru terkena infeksi akut yang mengganggu jaringan alveoli pada paru-paru. Biasanya pneumonia disebabkan oleh adanya infeksi virus, bakteri maupun jamur Namun ada pula pneumonia yang diakibatkan oleh terhidupnya udara beracun atau terhirupnya bahan kimia beracun. Saat seseorang terkena pneumonia, paru-parunya tidak bisa mengembang secara sempurna. Hal ini disebabkan karena kantung-kantung alveoli pada paru-paru terisi oleh pus dan mukus.

Gejala Pneumonia

Saat seseorang mengalami pneumonia, ia biasanya akan mengalami beberapa gejala seperti batuk berdahak dengan dahak atau sputum berwarna kehijauan maupun kuning dan disertai badan menggigil serta suhu badan yang paas. Selain itu, penderita pneumonia juga biasanya memiliki nafas yang pendek atau susah untuk bernafas. Penderita pneumonia juga bisa merasakan nyeri yang cukup tajam seperti ditusuk pada dada atau paru-paru . Batuk yang terjadi pada orang yang mengidap pneumonia juga bisa disertai dengan darah. Selain itu, mereka yang memiliki pneumonia juga bisa mengalami sakit kepala, keringat mengucur deras, nafsu makan hilang, tubuh terasa lemas, muntah-muntah, mual, nyeri sendi hingga kulit pucat. Pada pneumonia yang disebabkan oleh Legionella, gejala juga bisa disertai dengan adanya diare sedangkan pneumonia yang disebabkan oleh virus TBC dan pneumocystic maka akan disertai menurunnya berat badan..

Faktor Resiko Terkena Pneumonia

Penyakit pneumonia bisa menyerang pada orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Selain itu menghirup asap rokok terutama pada bayi dan anak-anak juga bisa menjadi faktor resiko yang dapat memicu terjadinya pneumonia. Adapun faktor resiko lainnya yaitu akibat efek samping mengkonsumsi obat-obatan jenis kortikosteroid, akibat komplikasi penyakit diabetes melitus, penyakit paru kronis dan juga penyakit autoimun serta akibat ventilasi rumah yang buruk. Pada balita, faktor resiko pneumonia diantaranya adalah karena kasus gizi buruk, menghirup polusi udara, kurangnya ASI eksusif dan kurangnya imunisasi campak.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Penyakit, tanggal April 23, 2018
  • Baru-baru ini :

    Waspadai Tanda Gejala Kanker yang Sering Diabaikan Orang –...

    Herbal TV – Kenali Penyakit Flu Singapura Yang Menyerang...

    Obat Rumahan Untuk Mengatasi Nyeri Sendi & Asam Urat ...

    Resep Makanan Ibu Menyusui Untuk Meningkatkan ASI – www.herbaltv.co.id...

    8 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Batu Empedu – Penyakit...