Mengapa Haid Datang Lebih Awal, Ini Kata Dokter

Penyebab Haid Datang Lebih Awal – www.herbaltv.co.id – Bagi sebagian besar wanita, siklus haid yang tidak teratur memang sering kali membuat cemas bagi dirinya. Haid yang telat tentu akan membuat was was. Akan tetapi haid yang datang lebih awal terkadang bisa bikin kita bertanya tanya.

Mengapa Haid Datang Lebih Awal, Ini Kata Dokter

Untuk menstruasi yang datang lebih awal, penyebabnya bisa disebabkan oleh sejumlah faktor. Dr Jennifer Wider, salah seorang pakar kesehatan wanita, menyebutkan seperti yang telah dikutip dalam hellogiggles.com beberapa penjelasan mengenai haid seorang wanita yang datang lebih awal dari biasanya. Dan untuk selengkapnya bisa disimak dalam penjelasan berikut ini

Penyebab Haid Datang Lebih Awal

1. Diet Menurunkan Berat Badan

Pada saat kita mengubah pola makan atau sedang berusaha menurunkan berat badan, maka siklus haid juga bisa untuk ikut terpengaruh. Dr. Wider mengatakan apabila berat badan kita turun cukup banyak, maka haid bisa sangat telat atau bisa datang lebih cepat dari biasanya.

2. Mengkonsumsi Obat obatan

Saat mengkonsumsi pil KB jelas hal ini akan mempengaruhi silus haid, bahkan bisa membuat menstruasi datang lebih cepat. Tidak hanya itu konsumsi obat obatan antikoagulan juga dapat membuat menstruasi ini datang lebih awal dari biasanya.

3. Sedang Stress

Stress mental dapat menyebabkan fruktuasi pada hormon kita yang mana ini bisa mempengaruhi siklus haid kita. Jadi memang kondisi stress ini tidak hanya bisa membuat telat mentsruasi tapi juga bisa membuatnya datang lebih awal.

4. Sedang Mengindap Penyakit

Dr. Winder juga telah menjelaskan bahwa penyakit seperti endomestriosis atau gangguan tiroid dan juga gangguan keseimbangan kadar hormon dapat menganggu keseimbangan hormon dalam tubuh. Jika keseimbangan hormon tertentu terganggu, maka salah satu efeknya adalah haid yang mana bisa hadir lebih cepat dari biasanya.

5. Mendekati Menopause
Bagi wanita yang telah berusia diakhir 40 tahunan, maka silus haid ini bisa menjadi makin tidak teratur. Dan saat akan mendekati menopause, haid ini juga bisa dapat datang lebih cepat dari biasanya.

Dan pada dasarnya setiap tubuh wanita ini berbeda beda untuk satu sama lainnya. Jika Anda mengetahui dengan adanya perubahan dratis pada siklus menstruasi yang tidak biasa, maka jangan ragu untuk segera berkonsultasi kedokter.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Gaya Hidup, Informasi Kesehatan, tanggal December 11, 2017
  • Baru-baru ini :

    Makanan – Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Ginjal

    15 Makanan – Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Ginjal...

    Trypophobia atau Tangan Bolong Dan Cara Mengatasinya

    Trypophobia atau Tangan Bolong – www.herbaltv.co.id – Trypophobia merupakan...

    Inilah 5 Perubahan Vagina Setelah Anda Melahirkan

    Inilah 5 Perubahan Vagina Setelah Anda Melahirkan  – www.herbaltv.co.id...

    Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

    Penderita diabetes memang memiliki masalah terhadap makanan yang mengandung...

    Olahraga Malam Bisa Buat Tubuh Lebih Bugar, Ini Alasannya

    Olahraga Malam Bisa Buat Tubuh Lebih Bugar – www.herbaltv.co.id...