Mengenal Hepatitis A, Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Hepatitis A – Hepatitis A merupakan salah satu dari jenis penyakit hepatitis ini terjadi akibat adanya infeksi pada hati yang mana ini disebabkan oleh virus hepatitis A dan juga akan sangat mudah untuk menular. Virus tersebut ini merupakan salah satu diantaranya beberapa virus hepatitis yang bisa menyebabkan peradangan dan bisa berdampak pada kemampuan fungsi dari organ hati. Kebanyakan penderita bisa sembuh dalam jangka waktu 2 sampai 6 bulan tanpa adanya masalah kesehatan yang serius. Akan tetapi dari beberapa kasus yang sangat jarang ini hepatitis A bisa mneyebabkan komplikasi hati atau penyakit liver akut.

Secara umum penyakit hepatitis A ini biasanya merupakan orang yang tinggal atau berhubungan seksual dengan orang yang telah terinfeksi, dan juga telah berpergian ke negara negara yang mana hepatitis A ini biasanya terjadi. Anda dapat meminimalisir dari resiko terkena penyakiti hepatitis A ini dengan menghindari faktor penyabab resiko.

Mengenal Hepatitis A, Gejala dan Pengobatannya

Tanda Gejala Hepatitis A

Pertama Anda dianjurkan untuk lebih mengetahui bahwa tidak semua penderita mempunyai gejala. Gejala ini bisa terjadi dan biasanya pada bulan pertama yang diikuti dengan infeksi dan beberapa kondisi yang termasuk diantaranya:

  • Sakit kuning atau ikterik, yang mana merupakan kulit dan mata yang berwarna kuning
  • Buang air besar yang berwarna seperti tanah liat dan pucat seperti dempul
  • Air seni yang berwarna gelap seperti teh.
  • Gatal pada seluruh tubuh.

Tidak hanya itu ada juga gejala lainnya yang bisa mnyertai penyakit flu.

  1. Kelelahan
  2. Mengalami kehilangan nafsu makan
  3. Mual
  4. Muntah
  5. Demam ringan
  6. Dan juga nyeri pada bagian perut.

Kemungkinan adanya beberapa gejala yang tidak disebutkan diatas. Dan jika Anda mempunyai masalah dengan salah satu gejala diatas, alangkah baiknya segera melakukan pemeriksaan kedokter.

Penyebab Hepatitis A
Dari gejala yang ada penyakit hepatitis A ini disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A. Dan virus hepatitis A ini bisa ditularkan melalui beberapa cara seperti diantaranya:

  1. Memakan makanan yang dijasikan oleh seseorang yang mempunyai virus dan tidak mencuci tangannya setelah menggunakan toilet
  2. Meminum air yang telah terkontaminasi
  3. Memakan kerang mentah yang mana berasal dari air yang telah terkontaminasi oleh limbah pembuangan
  4. Telah melakukan kontak berdekatan dengan orang yang telah terinfeksi, meskipun orang tersebut tidak mempunyai tanda atau gejala.

Pengobatan Hepatitis A

Tidak ada pengobatan khusus untuk penderita hepatitis A ini. Tubuh seorang penderita akan membersihkan virus hepatitis A dengan sendirinya. Dan pada sebagian besar kasus dari hepatitis A ini organ hati penderita biasanya akan sembuh dalam jangka waktu kurang lebih 6 bulan, tanpa melangalami kerusakan permanen. Dan kebanyakan orang bisa dirawat dirumah. Selama masa perawatan ini penderita haruslah menghindari hubungan intim dengan orang lain dan disarankan untuk mengunjungi dokter secara teratur guna memeriksakan diri mengenai kemajuan kondisi kesehatan yang dialami.

Penderita juga haruslah mneghindrai pemakaian alat makanan dengan penghuni rumah lainnya guna mencegah penularan. Bila harus berbagi alat makananpun, haruslah memastikan bahwa alat makan ini telah digunakan oleh penderita dan telah mencuci bersih sebelum dugunakan oleh orang lain. Selalu menjaga kebersihan itu sangat penting guna mencegah penularan hepatitis A.

Anda juga dianjurkan untuk beristirahat yang cukup dikarenakan penderita hepatitis A ini membuat Anda akan sangat lelah. Maka makanlah makanan yang bernutrisi tinggi seperti halnya jus atau sus guna menmabah energi dan juga asupan gizi.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Berita, Penyakit, tanggal May 21, 2018
  • Baru-baru ini :

    Kenali Penyebab Bau Mulut Pada Anak Dan Cara Mengatasinya

    Penyebab Bau Mulut Pada Anak Dan Cara Mengatasinya –...

    Menu Makanan Untuk Penderita Anemia

    Menu makanan untuk penderita anemia perlu untuk disiapkan secara...

    Awas Ini Penyebab Jamur Kuku Pada Kaki dan Cara Mengobatinya

    Penyebab Jamur Kuku Pada Kaki dan Cara Mengobatinya –...

    Kebiasaan Buruk Yang Bisa Mempercepat Proses Penuaan Dini

    Bagaimana Perasaan Anda Ketika Anda terlihat lebih tua? Kebiasaan...

    Mitos dan Fakta Tentang Usus Buntu

    Penyakit radang usus buntu merupakan salah satu penyakit yang...