Mengenal Hepatitis B, Gejala dan Pencegahannya

Salah satu dari sekian banyak penyakit hati yang sering menyerang manusia adalah penyakit Hepatitis B. Sama halnya dengan penyakit hepatitis lainnya, penyakit hepatitis B juga disebabkan oleh adanya gangguan virus pada hati. Penyakit Hepatitis B disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV). Seseorang yang membawa virus hepatitis B didalam tubuhnya sangat berisiko mengalami kerusakan hati yang serius mulai dari gagal hati hingga kanker hati. Virus yang menyebabkan penyakit hepatitis B ini diketahui jauh lebih mudah menular dibandingkan virus HIV. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu penyakit hepatitis B, gejala dan pencegahannya agar kita bisa terhindar dari penyakit ini.

Mengenal Hepatitis B, Gejala dan Pencegahannya

Cara Penularan Virus Hepatitis B

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa virus hepatitis B sangat mudah sekali untuk menular ke orang lain. Virus ini ditularkan melalui kontak cairan seperti darah, cairan tubuh, cairan vagina, sperma dan juga berbagai peralatan yang terkena cairan tersebut.

Jadi bisa disimpulkan bahwa jika kita menggunakan barang yang ada noda ciran penderita hepatitis B, maka kemungkinan besar kita juga akan tertular dengan mudah. Berhubungan intim dengan bebas dengan orang yang terinfeksi juga bisa menyebabkan penyakit ini menular satu sama lain. Selain itu, penggunaan bersama alat suntik (untuk tattoo ataupun narkoba) secara jelas dapat menularkan virus ini. Seseorang yang bekerja berkaitan dengan cairan manusia juga berisiko tinggi tertular penyakit ini.

Gejala – Gejala Hepatitis B

Pada awal mula terinfeksi virus hepatitis b, maka biasanya orang tersebut tidak akan merasakan gejala apapun selama beberapa bulan bahkan beberapa tahun. Namun setelah beberapa lama, gejala pun akan bisa dirasakan. Adapun gejala yang bisa dirasakan oleh penderita hepatitis B diantaranya adalah demam yang tinggi, selalu merasa sangat lelah selama berbulan-bulan, nafsu makan berkurang diiringi dengan muntah-muntah, sendi-sendi menjadi sakit dan terakhir, gejala yang paling mudah dikenali adalah kuningnya mata dan kulit (jaundice).

Pencegahan Penularan Hepatitis B

Untuk terhindar dari penularan virus hepatitis B, maka sebaiknya kita menghindari beberapa hal berikut ini :

  • Jauhi penggunaan jarum suntik bersamaan seperti yang sering dilakukan oleh pentattoo ataupun pengguna narkoba
  • Jauhi seks bebas karena risiko tertular penyakit hepatitis B sangat tinggi bagi mereka yang sering melakukan seks bebas
  • Jauhi penggunaan barang-barang pribadi bersamaan terutama sikat gigi, alat cukur dan dental floss
  • Bagi mereka yang sering berinteraksi dengan lingkungan darah atau cairan tubuh lainnya, jangan lupa untuk selalu membersihkan bahkan desinfeksi badan untuk menghindari tertularnya penyakit ini.
herbaltv
Diposkan dalam kategori Penyakit, tanggal May 26, 2018
  • Baru-baru ini :

    3 Hal Berikut Ini Bisa Merusak Fungsi Hati Anda

    Hati merupakan salah satu organ paling penting dalam tubuh...

    Cara Mengobati Hepatitis dengan Daun Kelor

    Penyakit hepatitis merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita...

    Dampak Negatif Terlalu Sering Minum Teh Manis

    Dampak Negatif Terlalu Sering Minum Teh Manis https://www.herbaltv.co.id Semua...

    Ini Kebiasaan yang Menyebabkan Anak Campak dan Rubella

    Kebiasaan yang Menyebabkan Anak Campak dan Rubella – www.herbaltv.co.id...

    Apakah Boleh Minum Kopi Dipagi Hari Saat Perut Kosong ?

    Minum Kopi Dipagi Hari Saat Perut Kosong – www.herbaltv.co.id...