Mengenal Lebih Jauh Hipertiroidisme – Penyebab dan Gejala

Hipertiroidisme Penyebab dan Gejalawww.herbaltv.co.id – Hipertiroidisme merupakan sebuah gangguan yang mana kelenjar tiroid telah membuat dan melepaskan lebih banyak hormon tiroid lebih dari kebutuhan tubuh sebenarnya. Dokter biasanya mengatakan kepada pasien bahwa ia mempunyai tiroid yang terlalu aktif.

Hipertiroidisme Penyebab dan Gejala

Mengenal Lebih Jauh Hipertiroidisme – Penyebab dan Gejala

Perlu diketahui bahwa tiroid mampu mengontrol metabolisme, yaitu tentang bagaimana sel sel tubuh ini dalam menggunakan energi untuk proses kerja dari masing masing organ. Metabolisme ini mempengaruhi suhu tubuh, detak jantung, dan seberapa banyaknya seseorang membakar kalori.

Dan jika tubuh telah mempunyai hormon tiroid yang berlebih maka tubuh ini bisa mempunyai metabolisme yang tinggi. Dan ini berarti tubuh membuat lebih banyak untuk mengeluarkan energi, yang mana ini ditandai dengan tubuh yang sering dan berkeringat, tidur yang sulit, buang air besar yang terlalu sering bahkan menjadi diare, detak jantung yang terlalu cepat, dan bisa beruung pada penurunan berat badan meskipun telah mengkonsumsi makanan yang dimakan sudah cukup banyak

Dan ternyata wanita lima sampai 10 kali lebih mungkin untuk mendapatkan hipertiroidisme daripada pria.

Penyebab Hipertiroidsme

Adapun berikut ini beberapa penyebab hipertiroidisme yang mana meliputi:

1. Penyakit Graver

Penyebab yang paling sering hipertiroid adalah dimana kondisi autoimun yang disebut dengan Graver. Sistem kekebalan tubuh ini menciptakan antibodi yang bisa menyebabkan kelenjar untuk bisa memperoduksi hormon tiroid. Penyakit Graves ini menurun didalam keluarga, dan biasanya akan mempengaruhi perempuan yang lebih muda.

2. Tiroiditis

Penyakit ini perupakan peradangan tiroid. Virus atau juga masalah pada sistem kekebalan tubuh bisa untuk menyebabkan kelenjar membengkak sehingga hormon tiroid bisa bocor kedalam aliran darah. Dan ada beberapa diantaranya jenis tiroiditis

  • Tiroiditis subakut : Bentuk menyakitkan dan mendadak tiroiditis yang tidak diketahui penyebabnya. Tiroid ini biasanya akan sembuh sendiri setelah beberapa bulan. Tiroid ini juga bisa menjadi kurang aktif untuk sementara waktu sebelum kembali normal.
  • Tiroiditis Postpartum
    Ini adalah jenis tiroiditis yang mempengaruhi perempuan setelah kehamilannya. Dan sebanyak 1-2 wanita dari 10 wanita mengalami kondisi hipertiroid setelah melahirkan. Ini biasanya akan berlangsung kurang sebih selama satu atau dua bulan, dan diikuti oleh beberapa bulan hipertiroidisme. Dan untuk kebanyakan wanita, tiroid ini akan kembali normal.
  • Tiroiditis tiap Diam
    Tipe ini mungkin mirip dengan tiroiditis postpartum akan tetapi tidak berhubungan dengan kehamilan. Dan tiroid ini bsia menghasilkan terlalu banyak hormon akan tetapi pasien tidak mengalami pembesaran kelenjar tirod. Dan beberapa orang juga bisa mengalami kondisi hipertiroidisme setelahnya.

3. Tiroid nodul

Satu nodul/ benjolan atau lebih dapat tumbuh dikelanjar tiroid secara bertahap dan meningkatkan aktifitas kelenjar serta jumlah hormon tiroid dalam darahnya. Jika hanya satu nodul yang menyebabkan hipertiroidisme maka disebut dengan nodul beracun tunggal Dan jika beberapa nodul tiroid yang menyebabkan hipertiroidisme, dan kondisi ini disebut dengan gondok multinodular toksik.

4. Yodium berlebih

Anda juga bisa mengalami sebuah kondisi hipertiroidisme jika makan, minum, atau jika tidak kena zat yang mengandung yodium . Yodium ini digunakan oleh tubuh dalam membuat hormon tiroid. Dan suplemen rumput laut, obat amiodarone untuk mengobati detak jantung yang tidak teratur, adalah contoh dari obat-obatan yang mengandung banyak yodium.

5.Obat Tiroid

Dengan mengkosnusmi terlalu banyaknya obat homron tiroid dikarenakan awalnya didiagnosis hipotiroidisme maka bisa mendatangkan malapeta pada kelenjar tiroid dan ini bisa menyebabkan hipertiroidisme. Jika Anda telah diresepkan hormon pengganti tiroid untuk hipertiroidisme, maka tanpa pernah mengambil dosis ekstra, dan jika Anda melupakan meminumnya sehari, maka jangan berinisiatif sendiri dengan melipatgandakan dosisnya dikeesokan harinya tanpa terlebih dahulu berdiskusi dengan dokter.

Gejala Hipertiroidisme

Mengenal Lebih Jauh Hipertiroidisme – Penyebab dan Gejala

Gejala dari hipertiroid ini mungkin akan sering menyerupai penyakit dengan kondisi lain. Dan jika Anda mempunyai bentuk yang sangat ringan dari hipertiroidisme, Anda mungkin tidak terlihat mempunyai gejala apapun. Dan gejala ini sering kali sangat halus dan juga tidak tampak pada orang tua, akan tetapi yang terlalu aktif tentunya akan sering menyebabkan ketidaknyaman atau bahkan cacat yang bisa menggangu aktifitas sehari sehari

Dari pembesaran tiroid, yang disebut juga dengan gondok, terjadi pada kebanyakan orang dengan hipertiroid. Dan penderita ini bisa melihat atau juga merasakan benjolan didepan leher. Kadang kadang hanya dokter saja yang akan bisa mendeteksi gondok ini karena memang tidak semua benjolan didepan leher ini merupakan gondok. Adapun ciri gondok yang utama yaitu benjolannya bergerak ketika kita melakukan gerakan menelan.

Dan gejala lain dari hipertiroidisme meliput :

  • Adanya kecemasanan, merasa gugup dan lekas marah
  • Usus sering kali berbunyi karena adanya peningkatan perislatik usus
  • Mengalami susah tidur
  • Penglihatan Ganda
  • Mata yang menonjol keluar, ini untuk pasien dengan penyakit graves
  • Mengalami perubahan rambut, termasuk juga rambut yang rapuh, rambut menipis dan juga rambut rontok dari kulit kepala.
  • Denyut jantung yang tidak tertaur jantung (aritmia), terutama pada orang dewasa yang memang lebih tua.
  • Perubahan pada siklus menstruasi, termasuk pada pendarahan ringan dan juga periode yang tidak menentu
  • Kelemahan otot, terutama pada paha dan juga lengan atas
  • Pertumbuhan kuku yang cepat
  • Detak jantung lebih cepat, dan biasanya lebih dari 100 denyut permenit
  • Tangan yang gemetar
  • Berkeringat
  • Kulit yang menipis
  • Dan juga berat badan yang menurun meskipun makan meningkat.]

Sekian pembahasanan seputar Hipertiroidisme, yang mana salah satu gangguan dari masalah pada tiroid dalam tubuh. Kondisi ini perlu untuk dicegah yang salah satunya dengan selalu menjaga fungsi tiroid yang benar dan baik, mulai dari makanan, atau minuman yang kita konsumsi.

 

herbaltv
Diposkan dalam kategori Berita, Informasi Kesehatan, Penyakit, tanggal February 22, 2018
  • Baru-baru ini :

    Kebiasaan Dan Cara Untuk Menghilangkan Bau Mulut

    Bau mulut (halitosis) akan membuat mood atau kepercayaan diri...

    Mari Kenali Minyak Yang Baik Untuk Pencegahan Kolesterol

    Pencegahan kolesterol sejak dini sangat perlu dilakukan mengingat betapa...

    Waspadai Mulut yang Terasa Asam Bisa Jadi Pertanda Penyakit

    Waspadai Mulut yang Terasa Asam Bisa Jadi Pertanda Penyakit ...

    Cara Alami Menjaga Kesehatan Otak Yang Harus Kamu Ketahui

    Otak merupakan bagian tubuh yang sangat vital bagi manusia....

    Tidak Hanya Wanita, Pria juga Bisa Menderita Kanker Payudara

    Herbal TV – Pria juga Bisa Menderita Kanker Payudara ...