Mengenal Jenis Penyakit Tiroid dan Cara Mengobatinya

Jenis Penyakit Tiroid – www.herbaltv.co.id – Penyakit kelenjar tiroid merupakan berbagai gangguan atau masalah yang mana terjadi pada kelenjar tiroid. Kelenjar yang terletak dibawah jakun ini mempunyai peranan dan juga mengatur berbagai sistem metabolisme dalam tubuh sehingga perannya ini sangatlah dibutuhkan oleh tubuh.

Mengenal Jenis Penyakit Tiroid dan Cara Mengobatinya

Kinerja dari kelenjar tiroid dikendalikan oleh otak, yang mana tepatnya kelenjar hipofisis (pituitary) atau hipotalamus. Dan ketika tubuh ini mengalami sebuah kondisi kekurangan atau kelebihan hormon tiroid maka otak akan merangsang kelenjar tiroid ini guna menyesuaikan kinerjanya supaya kadar dari hormon tersebut bisa kembali seimbang.

Jenis- jenis Penyakit Tiroid

Ada beberapa diantaranya jenis penyakit yang umumnya sering ditemukan atau dialami oleh sebagaian besar manusia, dan berikut diantaranya:

1. Hipotiroidisme

Hipotiroidsme ini merupakan sebuah kondisi dimana ketika jumlah hormon tiroksin yang diproduksi oleh kelenjar tiroid terlalu sedikit sehingga tubuh akan mengalami defisiensi. Kondisi ini juga sering dialami oleh wanita terumata diatas 60 tahun, dan juga mempunyai gejala gejala umum seperti kulit kering, konstipasi, lebih sensitif terhadap hawa dingin, kelelahan, lemas dan juga penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.

2. Hipertiroidisme

Keadaan ini terjadi dimana kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid yang berlebihan dalam tubuhnya sehingga disebutlah hipertiroidisme. Penyakit ini juga umumnya ditandai dengan detak jantung yang terlalu cepat atau tidak beraturan, penurunan berat badan yang cepat, sering berkeringat, gelisah dan juga suasana hati yang cepat berubah.

3. Penyakit Gondok

Penyakit godok merupakan penyakit yang mana telah terjadinya pembengkakan kelenjar tiroid yang terlihat sebagai benjolan dileher. Apabila benjolan ini sudah menekan tenggorokan atau kerongkongan maka bisa terjadinya perubahan suara, batuk dan juga kesulitan bernapas atau menelan.

4. Nodul Tiroid

Nodul tiroid merupakan benjolan padat yang berisikan air dan telah terbentuk dalam kelenjar tiroid. Benjolan ini juga bisa berupa tumor jinak atau kista, dan juga jumlahnya yang bisa lebih dari satu. Nodul tiroid ini jarang sekali menyebabkan gejala, sehingga umumnya hanya bisa terdeteksi saat penderitanya mulai menjalani pemeriksaan kesehatan umum. Akan tetapi apabila nodul yang tumbuh ini berukurn besar, maka kondisi ini bisa mengakibatkan kesulitan bernapas atau menelan. dan terkadang tiroid bisa memproduksi hormon tiroksin sehingga menimbulkan gejala hipertiroidisme.

Penyebab Penyakit Tiroid

Dari berbagai penyakit yang sudah disebutkan sebelumnya, sebagian besar ini disebabkan bisa karena kadar hormon tiroid yang telalu tinggi atau terlalu rendah yang bisa terjadi dalam sebagian besar kasus penyakit tiroid, dan bisa memicu berbagai faktor seperti diantaranya:

  • Masalah pada kelenjar hipofisis atau hipotalamus pada otak
  • Kelenjar tiroid yang rusak, seperti misalnya karena pajaran radiasi
  • Pengaruh dari obat yang menganung litium (Li)
  • Operasi dari pengangkatan kelenjar tiroid
  • Kadar iodion yang berlebihan dalam tubuh.

Cara Mengobati Penyakit Tiroid

Setelah sebelumnya kita mengenal beragam jenis penyakit yang bisa terjadi pada tiroid, maka dokter nantikan akan menentukan sebuah tindakan untuk pengobatan sesuai dengan jenis penyakit tersebut.

Terdapat diantaranya tiga cara yang umumnya dilakukan dalam penangan penyakit tiroid, yaitu pemberian obat obatan , terapi ablasi iodium radioaktif dan juga prosedur operasi. Terapi ablasi iodium biasanya dilakukan pada kasus hipertiroidisme yang memang sulit untuk terkontrol dengan pemberian obat obatan.

Untuk obat obatan yang diberikan memiliki fungsi yang berbeda beda, dan tergantung dari jenis penyakit tiroid yang dialaminya. Fungsi dari obat obatan dan terapi dari radioaktif ini umumnya berguna untuk :

  1. Menggantikan hormon tiroid dalam tubuh pada hipotiroid
  2. Menurunkan produksi hormon tiroid dalam tubuh pada hipertiroid
  3. Menghancurkan sel sel tiroid.

Tujuan dari pemberian obat obatan ini guna mengatasi gejala lain yang bisa saja untuk timbul pada hipertiroidisme, seperti halnya detak jantung yang meningkat atau dada yang berdebar

Operasi yang biasanya dilakukan pada penderita penyakit tiroid merupakan operasi pengangkatan kelenjar tiroid atau tiroidektomi. Prosedur ini juga bisa untuk dilakukan guna mengangkat kelenjar tiroid yang membesar atau terdapatnya benjolan yang terdapat pada kelenjar.

Mengenal Jenis Penyakit Tiroid dan Cara Mengobatinya Mengenal Jenis Penyakit Tiroid dan Cara Mengobatinya
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Jenis Penyakit Tiroid – www.herbaltv.co.id – Penyakit kelenjar tiroid merupakan berbagai gangguan atau masalah yang mana terjadi pada kelenjar tiroid. Kelenjar yang terletak dibawah jakun ini mempunyai peranan dan juga mengatur berbagai sistem metabolisme...
Berita Penyakit - by ,
4 / 5 stars

2 responses to “Mengenal Jenis Penyakit Tiroid dan Cara Mengobatinya”

  1. herbaltv Syarief says:

    Cara pengobatannya tidak ada, atau mungkin tdk terlihat oleh saya, mohon agar terlihat.

    • herbaltv herbaltv says:

      selamat siang kk, sebenarnya di artikel tersebut sudah kami paparkan pula mengenai cara pengobatannya namun masih dalam lingkup umum. Mohon maaf bila kurang terlihat, akan kami perbaiki kedepannya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *