Mengenal Krisis Tiroid, Suatu Kondisi Yang Mengancam Nyawa

Kelenjar tiroid merupakan sebuah kelenjar endokrin yang terdapat pada leher bagian depan manusia. Tiroid merupakan kelenjar murni terbesar yang ada dalam tubuh manusia. Bentuk kelenjar tiroid agak mirip dengan kupu-kupu, di sebelah kiri ada bagian lobus kiri dan disebelah kanan ada lobus kanan. Panjang setiap lobus kurang lebih 5 cm. Kelenjar tiroid juga merupakan salah satu bagian tubuh yang sering mendapatkan gangguan. Bentuk gangguan kelenjar tiroid bermacam-macam mulai dari perubahan fisiknya sampai pada perubahan fungsinya.

krisis tiroid

Jenis Penyakit Gangguan Tiroid

Menurut kelainan fisiknya, penyakit gangguan tiroid dapat dibedakan menjadi 2 bentuk yaitu difus dan nodul. Difus sendiri merupakan perubahan bentuk berupa pembesaran kelenjar tiroid yang merata dimana lobus kiri dan lobus kanan sama-sama membesar. Sedangkan nodul merupakan kondisi adanya benjolan pada kelenjar tiroid. Benjolan ini biasanya berbentuk seperti bola. Isinya bisa berupa cairan maupun benjolan padat dan juga bisa berbentuk seperti tumor.

Berdasarkan fungsinya, penyakit gangguan tiroid bisa diklasifikasikan menjadi 3 jenis yaitu hipotiroid, hipertiroid dan juga eutiroid. Hipotiroid adalah suatu kondisi dimana kelenjar tiroid berkurang atau bahkan berhenti memproduksi hormon tiroid yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Hipertiroid atau tirotoksikosis adalah suatu kondisi dimana kelenjar tiroid memproduksi hormon tirois secara berlebihan. Sedangkan Eutiroid merupakan suatu kondisi dimana kelenjar tiroid memiliki bentuk fisik yang tidak normal namun fungsinya berjalan secara normal/biasa. Lalu apa itu krisis tiroid?

Mengenal Krisis Tiroid

Saat seseorang terkena hipertiroid, orang tersebut akan mengalami proses metabolisme tubuh yang jauh lebih cepat dari biasanya sehingga akan mengalami berbagai gangguan kesehatan seperti sesak nafas, aritmia, gagal jantung, takikardi, berat badan turun drastis, osteoporosis dan bahkan pada kasus terparah bisa mengalami krisis tiroid.

Krisis tiroid sendiri merupakan suatu kondisi hipermetabolik yang tentu saja sangat mengancam nyawa. Kondisi ini sering terjadi pada mereka yang memiliki kasus hipertiroid yang tidak segera diobati atau tidak diobati dengan benar. Krisis tiroid juga dapat dipicu dari adanya trauma maupun infeksi dari pembedahan tiroid dan diabetes melitus yang tidak dapat terkontrol. Saat seseorang mengalami kondisi krisis tiroid, maka biasanya ditandai dengan demam yang sangat tinggi lalu berlanjut dengan adanya kegagalan kardiovaskular (jantung, pembuluh darah, dll), kegagalan sistem saraf dan kegagalan sistem cerna.

Adapun ciri khas dari krisis tiroid diantaranya ialah suhu tubuh berada diatas 38,5 Celcius, kemudian adanya tekanan darah tinggi yang disertai dengan tekanan nadi yang melebar. Pada fase yang lebih berat, pasien mengalami tanda-tanda gagal jantung seperti peningkatan tekanan nadi, fibrilasi atrium, tremor, kejang-kejang bahkan sampai mengalami koma.

Pengobatan Krisis Tiroid

Penderita krisis tiroid harus dipantau secara intensif di ruangan ICU (Intensive Care Unit). Adapun jenis obat-obatan yang dapat menghambat secara cepat dan meyeluruh proses sintesis hormon tiroid yaitu obat propiltiourasil dan methimazole. Biasanya obat tersebut diberikan melalui pipa nasogastrik karena sediaan dalam bentuk injeksi tidak tersedia. Selain menggunakan jenis obat-obatan diatas, sekresi hormon juga dapat dihambat menggunakan iodium dosis tinggi. Sediaan yang digunakan bisa berupa kalium iodida ataupun cairan lugol. Selain itu, ada juga obat golongan glukokortikoid untuk terapi krisis tiroid kedepannya.

Selain obat-obatan tersebut, terapi krisis tiroid juga memerlukan tindakan intensif lain karena biasanya, saat seseorang mengalami kondisi krisi tiroid, ia juga akan mengalami komplikasi lainnya.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Penyakit, tanggal March 1, 2018
  • Baru-baru ini :

    Waspadai Tanda Gejala Kanker yang Sering Diabaikan Orang

    Waspadai Tanda Gejala Kanker yang Sering Diabaikan Orang –...

    Tidak Hanya Wanita, Pria juga Bisa Menderita Kanker Payudara

    Herbal TV РPria juga Bisa Menderita Kanker Payudara ...

    Kenali Aktifitas yang Bisa Meningkatkan Resiko Kanker Serviks

    Aktifitas yang Bisa Meningkatkan Resiko Kanker Serviks – www.herbaltv.co.id...

    Cara Mengatasi Mata Sembab Secara Alami Dan Cepat

    Cara Mengatasi Mata Sembab Secara Alami Dan Cepat –...

    Penyebab dan Pengobatan Sakit Maag Karena Stres

    Penyebab dan Pengobatan Sakit Maag Karena Stres – Stress...