Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Stroke Hemoragik?

Saat ini, stroke menjadi salah satu kondisi penyakit yang paling terkenal di seluruh dunia. Ada banyak penyebab utama kematian yang telah diakibatkan oleh adanya stroke. Dalam stroke sendiri, sering dikenal dua istilah yaitu stroke iskemik dan stroke hemoragik. Pada pembahasan kali ini, kami akan membahas lebih jauh mengenai stroke hemoragik.

gambar stroke hemoragik

Apa Itu Stroke Hemoragik?

Singkatnya, stroke hemoragik merupakan suatu kondisi dimana salah satu bagian arteri yang terdapat di otak menjadi pecah. Kondisi ini sangat berbahaya dan bisa mengakibatkan pendarahan pada daerah otak. Pendarahan yang terjadi pada bagian otak bisa memicu pengurangan atau bahkan pemutusan aliran darah ke otak. Kondisi ini sangatlah berbahaya mengingat kurangnya pasokan oksigen pada otak bisa merusak sel-sel yang ada di dalamnya. Pada kasus terburuk, sel otak yang tidak menerima pasokan oksigen akan mati, bila banyak sel otak yang mati maka fungsi otak tentu akan terganggu permanen.

Gejala Stroke Hemoragik

Sebelum membahas lebih jauh mengenai gejala pada stroke hemoragik, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa ketika pembuluh arteri pada otak pecah, ia bisa mengakibatkan dua jenis perdarahan. Yang pertama, disebut dengan perdarahan subarachnoid, yaitu jenis perdarahan pembuluh darah yang terjadi pada ruang antar lapisan pembungkus otak tengah. Yang kedua, ada perdarahan intraserebral yaitu kondisi perdarahan saat pembuluh arteri pecah dalam otak.

Bila seseorang mengalami stroke subarachnoid, maka gejala yang mungkin terjadi diantaranya adalah pandangan mata terlihat ganda dan kabur, terasa adanya nyeri kepala yang mendadak, area wajah dan mata terasa nyeri, bagian leher menjadi kaku serta menurunnya kesadaran.

Sedangkan bila seseorang mengalami stroke intraserebral, gejala yang mungkin terjadi diantaranya ialah kepala terasa sangat berat, perut mual dan perasaan ingin muntah, adanya kejang-kejang dan tentunya terjadi penurunan kesadaran. Selain itu, bisa juga terjadi kelumpuhan pada satu bagian tubuh penderita.

Penyebab Stroke Hemoragik

Adapun penyebab yang menjadi pemicu munculnya stroke hemoragik bisa bermacam-macam, diantaranya yang paling sering ditemukan adalah tingginya tekanan darah seseorang. Tekanan darah yang tinggi memang sudah umum menjadi penyebab stroke seseorang. Selain karena adanya hipertensi, stroke hemoragik juga bisa disebabkan karena cedera pada kepala, kelainan pembuluh darah di otak sejak lahir, adanya penyakit pada liver, tumor pada otak, aneurisma dan juga karena efek samping penggunaan obat tertentu.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Penyakit, tanggal January 9, 2019
  • Baru-baru ini :

    5 Tips Cara Ampuh Mengikis Lemak Secara Permanen

    Cara Ampuh Mengikis Lemak Secara PermanenĀ  – Mempertahankan hasil...

    Ini Gaya Hidup yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi

    Gaya Hidup yang Menyebabkan Kolesterol TinggiĀ  – www.herbaltv.co.id –...

    Kenali 8 Penyebab Bau Mulut Akut

    Bau mulut bisa menyebabkan kurangnya rasa percaya diri terutama...

    Mengenal Anatomi dan Fisiologi Mata Secara Lengkap

    Anatomi dan fisiologi mata merupakan hal yang penting untuk...

    Mengapa Haid Datang Lebih Awal, Ini Kata Dokter

    Penyebab Haid Datang Lebih Awal – www.herbaltv.co.id – Bagi...