Mengenal Lebih Jauh Hipotiroidisme Dan Penyebab

Setelah sebelumnya kita membahas Mengenal Lebih Jauh Hipertiroidisme – Penyebab dan Gejala Sekarang kita membahas Hipotiroidisme atau yang disebut juga dengan penyakit tiroid kurang aktif adalah penyakit yang umumnya sering dialami orang orang. Akibat adanya gangguan ini maka kelenjar tiroid tidak mampu lagi memproduksi hormon tiroid yang memadai sebagaimana mestinya.

Mengenal Lebih Jauh Hipotiroidisme

Mengenal Lebih Jauh Hipotiroidisme Dan Penyebab

Sebagaimana yang kita ketahui kelenjar tiroid ini berada dibagian bawah leher sebelah depan. Dan hormon yang dihasilkan oleh kelenjar ini akan mengalir bersamaan dengan darah dan juga mempengarui hampir setiap tubuh manusia, termasuk juga pada hati, otak, otot dan kulit.

Tiroid ini mampu mengendalikan bagaimana bagi sel sel tubuh untuk mengggunakan energi dari makanan, atau suatu proses yang dinamakan dengan metabolisme. Proses metabolisme ini antara lain mampu mempengaruhi suhu tubuh, detak jantung, dan seberapa baik juga tubuh dalam membakar kalori. Apabila Anda tidak mempunyai cukup hormon tiroid ini, maka berbagai proses dalam tubuh tentunya akam melambat sehingga tubuh akan membuat lebih sedikit energi dan metabolisme juga ikut melambat.

Penyebab Hipotiroidisme

Beberapa diantaranya penyebab yang paling umum dari hipotiroidisme ini adalah tiroiditis Hashimoto. “Tiroiditis” yang mana merupakan suatu kondisi peradangan pada kelenjar tiroid. Tiroiditis Hashimoto ini adalah gangguan autoimun yang bisa menyebabkan tubuh dalam menghasilkan antibodi yang mana secara keliru menyerang dan menghancurkan kelenjar tiroid. Tiroiditis juga disebabkan oleh infeksi virus.

Siapa sajakah yang beresiko mengalami hipotiroidisme ?

Pada umumnya, terutama wanita yang lebih tua, lebih berpotensi mempunyai hipotiroidisme daripada pria. Namun Anda juga berpotensi untuk mendapatkan hipotiroidisme apabila Anda memiliki anggota dekat dengan penyakit autoimun. Dan untuk faktor resiko lainnya termasuk :

  • Ras kulit, untuk kulit putih atau Asia
  • Umur yang semakin tua
  • Uban tumbuh dengan cepat
  • Gangguan autoimun seperti adanya diabetes tipe 1, multiple sclerosis, rheumatoid arthritis, penyakit celiac, penyakit Addison, anemia pernisiosa, atau vitiligo
  • Gangguan bipolar
  • Sindrom Down
  • Sindrom Turner

Adapun berikut ini penyebab Hipotiroidisme diantaranya :

1. Terapi radiasi pada leher
Dalam pengobatan kanker tertentu, misalnya limfoma maka mengharuskan dilakukannya radiasi leher. Dan radiasi leher ini bisa muersak sel sel dalam tiroid sehingga akan menyulitkan kelenjar dalam memproduksi hormon

2. Pengobatan Yodium Radioaktif

Hal ini biasanya akan dijalani oleh mereka yang mana mengalami hipertiroidisme atau kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Seperti yang sudah disebutkan radiasi ini bisa menghancurkan sel sel pada kelenjar tiroid dan justru bisa mengakibatkan adanya hipotiroidisme

3. Pengobatan dengan obat tertentu

Obat obatan tertentu yang berguna untuk mengobati penyakit jantung, gangguan kejiwaan, atau juga kanker kadang kadang bisa mempengaruhi produksi dari hormon tiroid ini.

4. Operasi Tiroid

Dengan dilakukannya pengangkatan tiroid yang bisa memicu untuk terjadinya hipotiroidisme. Karena jika sebagian kelenjar tiroid ini saja yang diangkat, maka kelenjar yang tersisa juga mungkin masih bisa untuk memprouksi hormon hormon yang bisa mencukupi kebutuhan tubuh.

5. Sedikitnya Asupan Yodium

Tiroid memang butuh yodium supaya bisa memproduksi hormon. Tubuh tidak akan secara alami untuk bisa membuat yodium, jadi tentunya Anda haruslah mendapatkannya dari makanan, yang salah satunya yaitu bersumber terbaik adalah garam beryodium. Sumber lainnya yaitu kerang, ikan laut, produk susu dan juga rumput laut.

6. Kehamilan
Ada waktunya peradangan pada tiroid ini terjadi selama kehamilan. Dan ini disebut dengan tiroiditis postpartum.Wanita hamil yang mengalaminya biasanya akan mempunyai peningkatan pada sejumlah besar kadar hormon tiroidnya dan juga diikuti dengan adanya penurunan produksi hormon tiroid yang lebih drastis.

7. Lahir dengan cacat kelenjar tiroid
Jenis hipotiroidisme ini disebut dengan hipotiroidisme kongenital

8. Kerusakan atau gangguan kelenjar hipofisis

Untuk masalah pada hipofisis ini bisa turut menggngu produksi dari hormon tiroid. Kelenjar ini juga bisa membuat hormon yang disebut dengan TSH atau thyroid-stimulating hormone, yang mana bisa memberikan perintah tiroid untuk seberapa banyaknya hormon yang harus dibuat.

7. Penyakit Hipotalamus

Meskipun penyebab ini sangat langka, akan tetapi hipotiroidisme bisa disebabkan oleh hipotalamus otak yang tidak menghasilkan cukup hormon TRH. Hormon TRH ini mampu memepengaruhi pelepasanan hormon TSH dari kelenjar hipofisis.

Kondisi hipotiroidisme yang pada umumhya disebabkan oleh adanya masalah pada kelenjar tiroid itu sendiri, dan ini dinamakan dengan hipotiroidisme primer. Dan apabila penyebabnya merupakan masalah lain yang bisa mengganggu fungsi tiroid, maka kondisi ini dinamakan dengan hipotiroidisme sekunder.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Penyakit, tanggal March 3, 2018
  • Baru-baru ini :

    Ketahui Hubungan Antara Virus Hepatitis Dengan HIV

    www.herbaltv.co.id – Bila orang dengan kesehatan normal saja bisa...

    Mengenal Anatomi dan Fisiologi Mata Secara Lengkap

    Anatomi dan fisiologi mata merupakan hal yang penting untuk...

    Awas Ini Bahaya Tidur Langsung Setelah Makan Dimalam Hari

    Bahaya Tidur Langsung Setelah Makan malam mungkin Anda pernah...

    Trypophobia atau Tangan Bolong Dan Cara Mengatasinya

    Trypophobia atau Tangan Bolong – www.herbaltv.co.id – Trypophobia merupakan...

    Penderita Kolesterol dan Asam Urat Jangan Konsumsi Makan Ini

    www.herbaltv.co.id – Apabila kolesterol dalam darah anda tinggi, maka...