Mengenal Osteoarthritis atau Pengapuran Sendi

Mengenal Osteoarthritis atau Pengapuran Sendi

OA atau kepanjangan dari Osteoarthritis ini adalah salah satu penyakit yang akan membuat sendi terasa nyeri dan kaku. Dan sebutan lain yang sering dipakai untuk Osteoarthritis ini adalah pengapuran sendi. Kondisi ini pada umumnya terjadi pada saat tulang rawan yang mana seharusnya melindungi bagian ujung tulang Anda, dan ternyata mengalami kerusakan seiring dengan berjalannya waktu.

OA atau kepanjangan dari Osteoarthritis ini adalah salah satu penyakit yang akan membuat sendi terasa nyeri dan kaku. Dan sebutan lain yang sering dipakai untuk Osteoarthritis ini adalah pengapuran sendi. Kondisi ini pada umumnya terjadi pada saat tulang rawan yang mana seharusnya melindungi bagian ujung tulang Anda, dan ternyata mengalami kerusakan seiring dengan berjalannya waktu.

Untuk penjelasanan seperti ini. Sendi adalah tempat bersatunya tulang yang mana pada bagian ujung tulang normalnya dilapisi oleh sebuah jariangan sebagai pelindung bernama tulang rawan. Akan tetapi pada orang penderita Osteoarthritis, maka lapisan pelindung atau tulang rawan ini rusak.

Hingga mengakibatkan tulang tulang yang bertemu didalam sendi tersebut ini saling bergesekan satu sama lainnya. Hal inilah yang lantas kemudian menimbulkan rasa sakit, nyeri atau juga mengalami kekakuan pada satu atau pada beberapa sendi pada bagian tubuh.

Tanda dan Gejala Osteoarthritis

Perkembangan Osteoarthritis ini cenderung sangat lambat. Anda juga mungkin akan merasakan gejala awal berupa rasa nyeri atau mengalami pegal saat menggerakan sendi pada salah satu bagian tubuh, terlebih apabila sudah tidak digerakan kembali. Dan dengan berjalannya waktu, maka pengapuran sendi ini dapat membuat sendi didalam tubuh menjadi lebih kaku.

Sebagian besar orang dengan keluhan Osteoarthritis pada umumnya mengeluhkan kekauan sendi pada pagi hari, yang akan pulih dengan sendiri dalam waktu 30 menit. Atau biasanya kekakuan sendi ini bisa segera mereda setelah sendi mulai memanas bisa karena banyak bergerak.

Dan berikut ini diantaranya gejala dari Osteoarthritis

  • Sendi yang terasa sakit selama atau setelah digerakan.
  • Sendi yang terasa lebih lunak pada saat diberikan tekanan
  • Sendi yang terasa kaku pada pagi hari saat bangun dari tidur, dan ketika sedang tidak aktif melakukan sebuah kegiatan.
  • Mengalami peradangan sendi
  • Sendi kehilangan sifat fleksibilitasnya yang mana bisa membuatnya menjadi lebih kuat dna kaku serta sulit untuk digerakan.
  • Adanya taji tulang pada sekitar sendi sadaran, yaitu pada tonjokan tulang yang keras dan juga tajam.

Apabila Osteoarthritis ini semakin berkembang, maka rasa sakit yang ditimbulkan akan berubah menjadi lebih kuat dan intens. Dan lambat laun, kondisi ini akan berpeluang menyebabkan pembengkakan di area sendi atau pada sekitarnya.

Apa Penyebab Osteoarthritis

Osteoarthritis ini merupakan penyakit yang diakibatkan oleh adanya kerusakan pada sendi, khususnya tulang rawan sebagai pelapis tulang. Normalnya tulang ini mempunyai lapisan pelindung, atau bantalan pada bagian ujung. Dan tujuannya yakni untuk melindungi tulang apabila nantinya bertemu dengan tulang lainnya pada sendi.

Untuk kata lainnya sendi ini merupakan tempat untuk bertemunya antar tulang. Osteoarthritis dapat terjadi apabila tulang rawan yang berfungsi sebagai pelapis terluar diujung tulang tersebut mengalami kerusakan, sehingga tidak dapat berfungsi secara optimal. Padahal tulang rawan merupakan jaringan keras dan juga licin yang memungkinkan sendi untuk bergerak dengan mudah dan tanpa adanya geseakan.

Secara umumnya, memang bertambahnya usia otomatis sendi juga akan lebih kaku. Selain itu tulamg rawan juga dapat lebih rentan kehilangan pelumas alaminya. Dan kesemua hal tersebutlah yang bisa menyebabkan Osteoarthritis terjadi diusia lanjut.

Akan tetapi disamping itu, pernah mengalami cedera dimasa lalu juga bisa menyebabkan Osteoarthritis lainnya seperti :

  • Tulang rawan robek
  • Dislokasi sendi
  • Cedera pada ligamen (penghubung antar tulang di dalam tubuh)

Jika Anda mengalami obesitas dan postur tubuh yang buruk, misalnya sering membungkuk, juga bisa menyebabkan osteoarthritis. Pada akhirnya, menimbulkan pembengkakan pada sendi yang membuatnya terasa nyeri.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Penyakit, tanggal April 30, 2019
  • Baru-baru ini :

    Bingung Cara Menambah Berat Badan, Ini Tipsnya

    Cara Menambah Berat Badan – Tahukah Anda, dimana sebagaian...

    Waspadai Tanda Gejala Kanker yang Sering Diabaikan Orang

    Waspadai Tanda Gejala Kanker yang Sering Diabaikan Orang –...

    Wajib Tahu !!! Pertolongan Pertama Pada Serangan Jantung

    Penyakit jantung merupakan penyakit yang menjadi penyebab kematian nomor...

    5 Tips Cara Mengetahui Ciri Ciri Madu Asli Dan Palsu

    Mengetahui Ciri Ciri Madu Asli Dan Palsu – www.herbaltv.co.id...

    Tips Makanan Penambah Stamina Tubuh Agar Tidak Cepat lelah

    herbaltv РKelelahan merupakan salah satu reaksi alami tubuh yang...