Mengenal Tekanan Darah Rendah Penyebab dan Gejala

Tekanan Darah Rendah – Patut diwaspadai dan jangan diabaikan bila kondisi tubuh Anda sering mengalami pusing dan lelah, karena bisa jadi Anda mempunyai tekanan darah rendah. Bagi beberapa orang memang tekanan darah rendah ini bahkan bisa menyebabkan pingsan. Kapan seseorang dinyatakan mempunyai tekanan darah rendah ? Dan apa saja gejala tekanan darah rendah ?

Mengenal Tekanan Darah Rendah

Mengenal Tekanan Darah Rendah Penyebab dan Gejala

Darah rendah  merupakan sebuah kondisi tekanan darah yang dihasilkan saat jantung memompa darah keseluruh tubuh dibawah batas tekanan normalnya. Dan mengalir melalui arteri, maka darah ini akan meberikan tekanan pada dinding arteri.

Baca Juga : Tidak Sama, Ini Perbedaan Anemia Dan Darah Rendah

Dan tekanan inilah yang dinilai sebagai salah satu kekuatan aliran darah yang disebut juga dengan tekanan darah. Apabila tekanan darah dalam arteri lebih rendah bila dibandingkan normal, maka biasanya disebut dengan tekanan darah rendah atau hipotensi. Dan ini juga merupakan pertanda bahwa jantung, otak dan bagian lainnya drai tubuh tidak mendapatkan cukup darah.

Perlu diketahui bahwa tekanan darah normal ukurannya adalah 120/80 mm Hg. Beberapa para ahli juga mengatakan bahwa tekanan darah yang rendah berada pada ukuran sistoliknya 90 merupakan angka pertama dan distoliknya berukuran 60 atau angka kedua. Perubahan tekanan darah ini menjadi rendah secara tiba tiba juga akan berbahaya dikarenakan bisa berdampak pusing yang hebat, akibat dari otak gagal dalam menerima aliran darah yang cukup.

Apa saja gejala tekanan darah rendah yang sering terjadi ?

Tekanan darah rendah memang terkadang diartikan sebagai tanda tidak cukupnya darah yang mengalir pada otak dan organ vital lainnya, sehingga bisa menyebabkan beberapa gejala seperti :

  • Kepala pusing atau badan yang terasa ringan
  • Pingsan
  • Penglihatan yang kabur
  • Detak jantung yang lebih cepat dari normalnya dan juga irma menjadi tidak teratur
  • Merasakan kebingungan
  • Merasa mual atau bahkan merasa tidak enak badan
  • Merasakan lelah
  • Kedinginan
  • Kulit yang pucat
  • Merasakan haus atau dehidrasi
  • Susah fokus atau berkonsentrasi.

Lantas Apa Penyebab Tekanan Darah Rendah

1. Sedang Hamil

Mengenal Tekanan Darah Rendah Penyebab dan Gejala

Pada saat wanita hamil, maka peredarah darah dalam tubuh akan berkembang sangat cepat, dan berbeda dengan kondisi normalnya atau ketika sedang tidak hamil. Hal ini terjadi karena selama kehamilan terdapat perubahan hormonal yang bisa menyebabkan pembuluh darah membesar dan tekanan darah ini ikut menurun.

Tekanan darah yang mulai turun pada awal kehamilan dan biasanya terjadi pada usia kehamilan trisemester kedua. Selalu cek tekanan darah dan perhatikannya juga ciri cirinya.

2. Penyakit jantung

Pada penderita penyakit jantung memang akan mudah ditemukannya tekanan darah rendah. Kondisi ini mungkin akan ditemukan pada pasien yang gagal jantung dan serangan jantung. Hal inilah yang disebabkan oleh darah yang tidak bisa dipompa dengan baik oleh jantung yang bermasalah hingga terjadilah penurunan tekanan darah.

3. Hormon yang berubah

Adanya kondisi kesehatan memang sering dipengaruhi oleh hormon tubuh kita. Salah satu yang memang dapat terjadi adalah tekanan darah rendah. Namun tekanan darah rendah ini berhubungan dengan penyakit Addison

Penyakit Addison ini merupakan penyakit yang mana sistem imun tubuh telah menyerang dan merusak kelenjar kelenjar adrenal. Penyakit Addison juga menyerang dua buah kelenjar yang berukuran kecil dan berada diatas ginjal.

Dan dua kelenjar tersebut merupakan kelenjar yang memproduksi hormon hormon yang akan mengendalikan tekanan darah dan akan menjaga keseimbangan garam dan air yang berada didalam tubuh. Tekanan darah yang rendah ini terjadi saat kelenjar kelenjar adrenal rusak, contohnya apabila terjadi infeksi atau tumor pada kelenjar tersebut.

4. Dehidrasi

Mengenal Tekanan Darah Rendah Penyebab dan Gejala

Dehidrasi ini terjadi ketika tubuh Anda kekurangan cairan. Selama dehidrasi, maka darah akan bergantung pada air dan tidak bisa memasok peredaran darah keseluruh tubuh. Sehingga kondisi ini juga bisa menurunkan volume darah pada arteri dan vena dan juga bisa menyebabkan darah rendah terjadi. Orang yang mengalami kondisi tekanan darah yang rendah disarankan juga untuk selalu mengkonsumsi air mineral yang cukup misalnya 2 liter sehari atau juga bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak cairan.

5. Sedang mengkonsumsi obat obatan

Apabila Anda sedang mengkonsumsi obat obatan tertentu, maka Anda juga bisa untuk terserang darah rendah. Dan biasanya apabila Anda mengalami sakit tertentu, Anda juga akan jarang menyadari kondisi ini. Beberapa obat yang bisa mempengaruhi diantaranya adalah alpha blocker atau obat darah tinggi, beta blocker, dan obat antidepresan.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Penyakit, tanggal August 8, 2018
  • Baru-baru ini :

    Mengetahui Bedanya Kanker Usus Besar dan Wasir

    Mengetahui Bedanya Kanker Usus Besar dan Wasir – www.herbaltv.co.id...

    3 Hal Berikut Ini Bisa Merusak Fungsi Hati Anda

    Hati merupakan salah satu organ paling penting dalam tubuh...

    7 Makanan Sehat Untuk Mengurangi Gejala Asam Lambung

    7 Makanan Sehat Untuk Mengurangi Gejala Asam Lambung –...

    Ternyata Ini Penyebab Perut Buncit yang Sering Tak Disadari

    Penyebab Perut Buncit yang Sering Tak Disadari– www.herbaltv.co.id –...

    Mewaspadai Bahaya Akibat Ambeien yang Berlarut larut

    Mewaspadai Bahaya Akibat Ambeien – www.herbaltv.co.id – Penyakit ambeien...