Mengenali TBC Paru Pada Anak – Tanda & Gejala

TBC atau tuberkulosis pada anak bisa untuk terjadi dikarenakan anak yang mungkin telah menghirup Mycobacterium tuberculosis yang terbang bebas diudara. Bakteri ini kemudian berdiam diparu paru dan berkembang. Perkembangan bakteri ini memungkinkan untuk bisa menjalar pada bagian tubuh lainnya seperti halnya tulang belakang, ginjal bahkan juga otak.

Mengenali TBC Paru Pada Anak – Tanda & Gejala

Anak anak yang terkena TBC ini kemungkinan besar tidak untuk tertular dari teman temannya yang sebaya, malainkan bersumber dari orang dewasa yang sudah mengindap penyakit tersebut. Dan pada saat orang dewasa yang sudah mengindap penyakit TBC ini batuk atau bersin, dan bakteri menyebar keudara. Pada saat itulah hal ini bisa terjadi penularan pada anak anak yang berada disekitarnya.

Tanda Penyakit TBC Pada Anak

  • Pertama untuk tahap infeksi. Pada tahap ini anak anak mungkin sudah terinfeksi oleh kuman TBC. Tubuh sudah kemasukan bakteri, akan tetapi dalam jumlah yang kecil. Daya tahan yang kuat memungkinkan tubuh untuk mencegah infeksi ini berkembang untuk lebih parah dan bisa menimbulkan gejala lainnya.
  • Akan tetapi ketika bakteri ini sudah berkembang biak, maka barulah akan timbul gejala sampai dengan akhirnya memasuki tahap kedua, yaitu telah mengindap penyakit TBC

Untuk anak anak yang berusia lebih tua, maka penyakit TBC ini dinilai sebagai penyakit laten dikarenakan biasanya infeksi bakteri ini masih tidak menunjukan adanya gejala yang ditimbulkan. Dan meskipun telah menggunakan pemeriksaan foto Rontgen, maka biasanya tidak ditemukan adanya tanda tanda infeksi. Maka dari itu, untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat maka diperlukan untuk menggunakan tes kulit tuberkulin.

Tes tuberkulin ini biasa dilakukan guna memastikan apakah seseorang ini telah terinfeksi bakteri tuberkulosis atau tidak. Dan jika hasil tes tuberkulin ini adalah postif, maka kemungkinan besar anak telah terinfeksi. Dan meskipun tidak memperlihatkan gejala gejala penyakit apapun, dan anak disarankan untuk mendapatkan pengobatan apabila telah dinyatakan positif pada hasil tersebut.

Gejala TBC yang Mungkin Ditimbulkan

  • Batuk yang menetap
  • Lelah dan melemah
  • Demam
  • kehilangan nafsu makan
  • Murung
  • Kehilangan Berat Badan
  • Sesak Napas
  • Lekas Marah
  • Terjadinya pembengkan Kelenjar
  • Dan berkeringat dimalam hari.

Pengobatan TBC pada anak difokuskan guna penyembuhan, baik itu pada anak yang baru terinfeksi bakteri atau TBC dan belum menampakan gejala apapun, ataupun juga pada anak yang sudah dalam tahap mengindap TBC

Sistem pengobatan keduanya ini memang berbeda. Anak yang baru terinfeksi bakteri TBC biasanya diberikan obat yang harus dikonsumsi setiap hari selama kurang lebih 9 bulan. Sementara itu pada anak yang telah mengindap penyakit TBC aktif, maka diberikan pengobatan yang biasanya terdiri atas 2 jenis obat antibiotik atau lebih. Dan obat ini harus dikonsumsi setiap hari selama 6-18 bulan.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Berita, Penyakit, tanggal February 4, 2019
  • Baru-baru ini :

    Trypophobia atau Tangan Bolong Dan Cara Mengatasinya

    Trypophobia atau Tangan Bolong – www.herbaltv.co.id – Trypophobia merupakan...

    Waspada Bahaya yang Ditimbulkan Akibat Sering Makan Jeroan

    Bahaya yang Ditimbulkan Akibat Sering Makan JeroanĀ  – www.herbaltv.co.id...

    Olahraga Malam Bisa Buat Tubuh Lebih Bugar, Ini Alasannya

    Olahraga Malam Bisa Buat Tubuh Lebih Bugar – www.herbaltv.co.id...

    Manfaat Lidah Buaya Baik Untuk Kesehatan Sistem Pencernaan

    Manfaat Lidah Buaya Baik Untuk Kesehatan Sistem Pencernaan –...

    Apakah Boleh Minum Kopi Dipagi Hari Saat Perut Kosong ?

    Minum Kopi Dipagi Hari Saat Perut Kosong – www.herbaltv.co.id...