Menu Makanan Untuk Penderita Anemia

Menu makanan untuk penderita anemia perlu untuk disiapkan secara matang agar kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik. Secara umum, penyakit anemia biasanya disebabkan karena terjadinya penurunan jumlah sel darah merah. Penurunan jumlah sel darah merah begitu signifikan sehingga bisa membuat tubuh mudah lelah, lesu dan bahkan sering pingsan. Kurangnya asupan zat besi pada tubuh merupakan salah satu penyebab turunnya jumlah sel darah merah. Nah, saat tubuh seseorang kekurangan asupan zat besi, maka tubuh tersebut akan kekurangan produksi hemoglobin. Saat tubuh seseorang kekurangan hemoglobin, maka pasokan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh akan berkurang sehingga menyebabkan tubuh kekurangan energi.

Menu Makanan Untuk Penderita Anemia

Menu Makanan Untuk Penderita Anemia

Untuk meningkatkan kembali produksi hemoglobin dalam tubuh, maka perlu ditambahkan asupan zat besi dari luar yaitu dari makanan. Ada dua jenis makanan yang bisa memberikan asupan zat besi untuk tubuh yaitu makanan jenis heme dan makanan jenis non-heme. Makanan jenis heme mengandung zat besi yang mudah diserap oleh tubuh karena berasal dari sumber hewani seperti daging-dagingan, seafood dan ikan. Disisi lain, zat besi juga bisa diperolah dari makanan non-heme yang berasal dari makanan nabati namun dengan kecepatan penyerapan yang lebih lambat. Makanan non-heme ini diantaranya ada buah-buahan kering, kacang-kacangan, serealia, sayuran hijau dan juga kentang.

Pada anak bayi, penambahan zat besi bisa dilakukan dengan memberikan ASI ekslusif. Bila tidak memungkinkan untuk pemberian ASI ekslusif, maka bayi juga bisa diberikan susu formula yang diperkaya dengan zat besi. Kebutuhan harian bayi akan zat besi kurang lebih sekitar 100 mg perharinya. Pada anak balita, mereka bisa mulai diberikan supan daging tanpa lemak dan juga diberikan serealia. Selain itu, balita juga bisa mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan juga roti yang memiliki kandungan zat besi didalamnya. Pada orang dewasa, mereka lebih bebas untuk memilah-milih makanan, disesuaikan dengan kondisi tubuhnya.

Orang dewasa bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan untuk menambah kadar hemoglobinnya. Ada banyak pilihan mulai dari makanan heme hingga makanan non-heme. Namun tetap perhatikan apakah anda punya alergi terhadap salah satu makanan tersebut. Jangan lupa juga untuk tetap mengunjungi dokter untuk memeriksakan lebih lanjut tentang anemia anda.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Informasi Kesehatan, tanggal July 17, 2018
  • Baru-baru ini :

    Inilah Beberapa Penyebab Keringat Berlebih Pada Bayi – Pada...

    Beberapa Ciri – Ciri Anak Terkena Penyakit Cacingan –...

    Cara Ampuh Mengikis Lemak Secara Permanen  – Mempertahankan hasil...

    7 Makanan Sehat Untuk Mengurangi Gejala Asam Lambung –...

    Ini 5 Anggota Tubuh Manusia yang Jadi Sarang Bakteri...