Obati Penyakit Tukak Lambung dengan Pati Garut

Berbagai macam penyakit lambung seringkali disebut juga sebagai tukak lambung. Adapun tukak lambung ini sendiri merupakan sebutan bagi sekelompok penyakit yang berhubungan dengan saluran makanan dalam tubuh bagian atas terutama bagian lambung dan juka proksimal duodenum yang kesemuanya berhubungan dengan asam pada lambung. Selain itu, tukak lambung juga berarti adanya kerusakan pada jaringan mukosa maupun jaringan submukosa lambung. Penyebab timbulnya penyakit tukak lambung sendiri sebenarnya tidak begitu jelas, namun ada beberapa faktor risiko yang memengaruhi seseorang terkena penyakit tukak lambung seperti faktor ras dimana orang kulit putih lebih banyak memiliki penyakit tukak lambung dibanding dengan ras kulit hitam selain itu, faktor keturunan, faktor kejiwaan, dan masih banyak lagi.

cara mengatasi maag

Manfaat Pati Umbi Garut Untuk Tukak Lambung

Dewasa ini, penggunaan obat herbal sedang hangat dan populer di kalangan masyarakat sebagai alternatif pengobatan obat kimia steroid dan non-steroid. Hal ini dikarenakan obat herbal memiliki efek samping yang jauh lebih sedikit ketimbang obat kimia. Selain faktor keamanan, obat herbal juga cenderung memiliki harga yang relatif murah bila dibandingkan dengan obat kimia. Adapun salah satu obat herbal yang sering digunakan masyarakat untuk mengobati tukak lambung secara alami adalah tanaman umbi garut yang memiliki nama latin Maranta Arundinaceae L (arrow root). Di masyarakat sekitar, umbi garut sering digunakan untuk mengatasi penyakit maag serta menenangkan lambung yang sedang sakit dan panas.

Untuk mendapatkan khasiat dari umbi garut, masyarakat biasanya memeras saripatinya langsung. Umbi yang masih segar khasiatnya dikenal lebih baik dibandingkan umbi yang sudah lama. Bukan tanpa sebab umbi ini dipakai untuk menenangkan lambung yang terluka.  Hal ini terutama karena sifat mendinginkan dan menenangkan yang ada pada zat pati umbi garut. Sekarang ini ada banyak produk olahan umbi garut yang dijual di pasaran. Hal ini karena senyawa bioaktif dalam umbi garut diyakini dapat membantu menetralkan asam lambung sehingga kondisi tukak lambung bisa menjadi lebih baik.

Selain pemanfaatan zat pati umbi garut untuk mengatasi berbagai masalah pada lambung. Umbi garut ternyata juga memiliki banyak manfaat lain seperti melancarkan pencernaan, memperlancar peredaran darah, sebagai sumber energi berkualitas dan masih banyak lagi. Kandungan nutrisi umbi garut diantaranya air, protein, pati, zat besi, serat pangan, fosfor, riboflavin, antioksidan, kalium, vitamin B6 dan juga asam folat.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Makanan Sehat, Penyakit, tanggal April 5, 2018
  • Baru-baru ini :

    Pertolongan Pertama Pada Ambeien Yang Harus Kamu Ketahui!

    Saat pertama kali menyadari bahwa telah terkena penyakit ambeien,...

    Inilah 5 Perubahan Vagina Setelah Anda Melahirkan

    Inilah 5 Perubahan Vagina Setelah Anda Melahirkan  – www.herbaltv.co.id...

    Ini Dia Yang Menjadi Penyebab Anak Terkena Penyakit Polio

    Ini Dia Yang Menjadi Penyebab Anak Terkena Penyakit Polio...

    Jenis Penyakit Mata – Ciri, Penyebab dan Gambarnya

    Herbal TV – Banyak orang mengabaikan tentang kondisi kesehatan mata...

    Dampak Obesitas Pada Anak dan Cara Mengatasinya

    Herbal TV, Saat ini jumlah anak-anak yang terkena obesitas...