Pantangan Makanan Bagi Penderita Stroke

Stroke merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia bahkan di seluruh dunia. Disebutkan bahwa penyakit yang satu ini menjadi penyebab utama kecacatan di seluruh dunia. Stroke juga diketahui menjadi penyebab kematian paling banyak kedua di seluruh dunia. Penyebaran stroke sendiri cukup luas, lebih banyak dialami di negara-negara berkembang. Stroke sendiri lebih sering menyerang mereka yang usianya sudah senja dibandingkan orang-orang muda.

pantangan makanan pada penderita stroke

Adapun, berbagai faktor risiko terjadinya stroke ada tiga jenis. Hal pertama yang paling sering menyebabkan stroke adalah tekanan darah yang terlalu tinggi, kemudian kedua adanya kolesterol berlebihan dalam tubuh dan terakhir adalah adanya obesitas pada seseorang. Untuk menghindari stroke, maka faktor risikonya juga wajib dihindari. Demi menghindari faktor risiko tersebut, maka siapa saja harus menerapkan pola hidup sehat dan pola makan yang sehat pula. Selain mengonsumsi makanan yang sehat, perlu juga untuk menghindari beberapa makanan yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena stroke atau memperparah stroke.

Makanan Pantangan Bagi Penderita Stroke

Perlu diketahui sebelumnya, makanan yang ada dalam senarai pantangan ini bergantung pada kondisi setiap orang. Beberapa orang masih bisa mengonsumsinya dalam batasan tertentu sedangkan beberapa orang lainnya sangat dianjurkan untuk menghindari makanan tersebut. Apa saja makanan pantangan yang dimaksud?

1. Makanan Dengan Lemak Jenuh dan Trans

Salah satu faktor risiko penyebab stroke adalah tingginya kadar kolesterol yang ada dalam tubuh, maka dari itu, sangat disarankan untuk menghindari beberapa makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans karena bisa mengakibatkan lonjakan tinggi bagi kolesterol anda dalam tubuh. Bila kolesterol jahat menumpuk dalam tubuh dan membuat plak, maka hal ini sangat berbahaya karena bisa menyumbat aliran darah ke berbagai organ vital termasuk otak dan jantung. Beberapa makan yang mengandung lemak jenuh dan trans diantaranya adalah makanan ringan seperti cemilan kemasan, makanan beku olahan, goreng-gorengan, margarin, kulit ayam, daging merah, produk susu dan masih banyak lagi.

2. Makanan Tinggi Gula

Selain menghindari makanan berminyak dan banyak garam, anda juga disarankan untuk membatasi makanan-makanan yang memiliki kadar gula tinggi seperti soda, cake, biskuit dan lainnya. Hal ini karena gula yang terlalu banyak bisa menyebabkan obesitas serta merusak pembuluh darah anda. Keduanya merupakan faktor risiko penyebab stroke yang harus dihindari.

3. Minuman Beralkohol

Selain makanan tertentu, anda juga harus memerhatikan asupan minuman anda. Untuk menghindari datangnya stroke, anda sangat disarankan untuk menghindari minuman beralkohol jenis apapun. Hal ini karena minuman beralkohol bisa dengan mudah meningkatkan tekanan darah anda. Tekanan darah yang terlalu tinggi tentu bisa menjadi faktor risiko stroke yang patut diperhitungkan.

Selain makanan-makanan diatas, anda juga disarankan untuk mengindari makanan dengan pengawet atau makanan instan dalam kemasan karena biasanya mengandung berbagai zat yang bisa merusak pembuluh darah seperti zat natrium nitrat dan nitrit. Perbanyaklah konsumsi sayur dan buah-buahan yang bisa meminimalkan faktor risiko terkena stroke.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Stroke Pantangan Makanan Bagi Penderita Stroke
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Stroke merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia bahkan di seluruh dunia. Disebutkan bahwa penyakit yang satu ini menjadi penyebab utama kecacatan di seluruh dunia. Stroke juga diketahui menjadi penyebab...
Berita - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *