Penyakit Menular Seksual – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyakit menular seksual disingkat PMS sekarang dikenal dengan istilah yang sedikit berbeda yaitu infeksi menular seksual. Penyakit ini umumnya timbul dikarenakan penderita sering melakukan hubungan intim yang tidak aman. Biasanya ditularkan melalui carian kelamin, darah maupun cairan tubuh lainnya. Selain berasal dari hubungan seksual yang tidak sehat, penyakit menular seksual juga bisa ditularkan melalui jarum suntik dan hubungan ibu dengan anak. Penyakit menular seksual dapat disebabkan oleh bakteri, virus maupun parasit lainnya. Berikut ini berbagai penyakit menular seksual yang umum diderita oleh banyak orang di seluruh dunia.

1. Kutu Rambut Kemaluan

Penyakit Menular Seksual – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyakit ini hanya akan menular melalui hubungan seksual atau berbagi pakaian dalam. Kutu pada rambut kemaluan merupakan parasit yang hidup dengan cara menghisap darah pada inangnya. Gejalanya cukup mudah untuk diteliti, diantaranya ialah adanya serbuk hitam maupun bercak darah pada celana dalam, gatal-gatal dan infeksi akibat garukan kuku bahkan kutu tersebut dapat terlihat secara kasat mata. Untuk mengobatinya cukup mudah, penderita bisa menggunakan sampo khusus maupun krim yang dapat membunuh kutu pada rambut kemaluan.

2. Kencing Nanah / Gonore

Penyakit Menular Seksual – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyakit mengerikan lainnya yang dapat terjadi karena hubungan seksual yang tidak sehat adalah gonore atau kencing nanah. Gonore sendiri ada dikarenakan bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini menular melalui cairan tubuh dan dapat menyerang laki-laki maupun perempuan. Gejala seseorang yang terkena gonore biasanya adalah keluarnya cairan berwarna putih, kuning maupun hijau dari alat kelamin laki-laki maupun perempuan. Selain itu, timbulnya rasa perih dan rasa terbakar saat buang air kecil. Pada laki-laki biasanya terdapat peradangan pada ujung penis sedangkan perempuan biasanya merasakan sakit di bagian perut bawah serta pendarahan saat melakukan hubungan seksual. Penderita wanita juga dapat mengeluhkan gatal-gatal diarea kewanitaan.

3. Sifilis

Penyakit Menular Seksual – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Salah satu infeksi menular seksual yang banyak diderita ialah penyakit sifilis atau raja singa. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri bernama Treponema pallidum. Adapun gejala khas yang muncul saat seseorang terkena sifilis ialah adanya luka yang tidak terasa sakit di area kelamin maupun di area mulut. Luka ini dapat menularkan bakteri kepada setiap orang yang menyentuhnya. Adapun luka yang muncul merupakan pertanda awal datangnya penyakit sifilis dan masih bisa disembuhkan dengan antibiotik dari dokter. Bila tidak segera diobati, luka memang akan menghilang namun selanjutnya gejala lain akan muncul seperti kerontokan rambut yang parah, demam, dan juga sakit sendi. Bila tidak diobati, sifilis dapat hidup dalam tubuh selama bertahun-tahun dan dapat merusak organ tubuh lainnya.

4. Chlamydia

Penyakit Menular Seksual – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Diantara berbagai penyakit kelamin yang ada, chlamydia merupakan penyakit yang paling banyak diderita dan paling banyak menular. Penyakit ini dapat menyebabkan infertilitas pada penderitanya. Gejalanya sendiri sangat samar dan bahkan beberapa orang tidak merasakan gejala yang berarti. Namun gejala yang dapat terjadi diantaranya, keluar cairan yang tidak umum pada alat kelamin, perih saat buang air kecil, terdapat pendarahan abnormal diluar siklus haid, rasa gatal disekitar lubang penis, pembengkakan buah zakar dan nyeri pertu bagian bawah pada wanita. Untuk pengobatannya dapat digunakan antibiotik khusus dari dokter setelah melakukan tes lab sebelumnya.

5. Herpes Simplex/Herpes Genital

Penyakit Menular Seksual – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyakit ini diakibatkan oleh virus herpes simplex. Virus ini sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu herpes simplex 1 (HSV 1) dan herpes simplex 2 (HSV 2). Penyakit herpes umumnya menular lewat hubungan seksual namun juga bisa menular dari mulut ke mulut. Gejala umum yang mengiringi datangnya penyakit ini yaitu adanya luka kemerahan disekitar genital yang dapat pecah. Luka ini biasanya terasa sangat sakit. Namun beberapa orang hanya mengalami gejala yang sangat ringan sehingga tidak sadar telah tertular virus ini. Sejauh ini pengobatan tuntas untuk penyakit herpes belum ditemukan namun beberapa obat dapat digunakan untuk mengandalikan gejala-gejala infeksi yang muncul.

6. Hepatitis B

Penyakit Menular Seksual – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyakit hepatitis B berasal dari virus hepatitis B yang menular dengan sangat mudah melalui kontak cairan tubuh seperti cairan kelamin, air ludah dan darah. Penyakit ini juga bisa menular melalui hubungan ibu dan anak. Sampai saat ini, belum ditemukan obatnya namun ada vaksin yang dapat mencegah munculnya penyakit ini. Gejala umum yang terjadi ialah kulit yang berubah menjadi kuning. Penyakit ini dapat merusak organ hati secara permanen.

7. HIV/AIDS

Penyakit Menular Seksual – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyakit yang paling terkenal sebagai akibat dari hubungan seks yang tidak sehat adalah penyakit yang disebabkan oleh virus bernama human immunodeficiency virus. Virus ini dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang hingga tubuhnya tidak dapat lagi melawan infeksi dari luar. Gejala penyakit ini sendiri cukup samar, diantaranya ialah adanya ruam, tenggorokan terasa sakit dan juga demam yang terus menerus. Penderita umumnya sangat rentan terhadap berbagai penyakit. Hingga saat ini belum ada obat yang mampu melenyapkan virus ini sepenuhnya.

Penyakit menular lainnya yang ditularkan melalui hubungan seksual diantaranya adalah kutil kelamin, trichomoniasis, chancroid, LGV dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Ketahui Gejala Kanker Kulit Yang Harus Diwaspadai

herbaltv
Diposkan dalam kategori Berita, tanggal November 7, 2017
  • Baru-baru ini :

    Tips Cara Menggunakan Bakin Soda Untuk Gigi Lebih Putih

    Cara Menggunakan Bakin Soda Untuk Gigi Lebih Putih  www.herbaltv.co.id...

    Ini 5 Anggota Tubuh Manusia yang Jadi Sarang Bakteri & Kuman

    Ini 5 Anggota Tubuh Manusia yang Jadi Sarang Bakteri...

    3 Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak

    Batuk merupakan salah satu jenis penyakit yang lazim kita...

    Kebiasaan Buruk Yang Bisa Mempercepat Proses Penuaan Dini

    Bagaimana Perasaan Anda Ketika Anda terlihat lebih tua? Kebiasaan...

    Makanan Untuk Penderita Radang Usus Buntu Paling Aman Dikonsumsi

    Makanan untuk penderita radang usus buntu perlu untuk diperhatikan...