Penyebab Menstruasi Dua Kali Dalam Satu Bulan

Pada umumnya wanita mengalami menstruasi cukup sekali dalam sebulan, akan tetapi ada juga beberapa diantaranya wanita yang mengalami menstruasi sampai 2 kali dalam sebulannya. Penyebab dari seorang wanita yang mengalami haid 2 kali dalam satu bulan ini memang bermacam macam. Mulai dari disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon atau juga menjadi pertanda penyakit tertentu

Normalkah, Jika Menstruasi Dua Kali Dalam Satu Bulan

Penyebab Menstruasi Dua Kali Dalam Satu Bulan

Haid dua kali dalam satu bulan masih bisa dikatakan normal. Orang dewasa yang mempunyai siklus mentsruasi yang berjarak antara 21 sampai 35 hari, sedangkan untuk remaja yang mempunyai siklus menstruasinya berjarak antara 21-45 hari. Oleh sebab itulah bagi wanita yang mempunyai siklus menstruasi berjarak antara 21 hari, maka ada kemungkinan besar Anda mengalami menstruasi dua periode dalam satu bulannya. Selain itu, kebanyakan juga wanita memang mempunyai sekitar 13 periode menstruasi dalam 3 tahun yang mana ini kemungkinan mempunyai 2 periode dalam satu bulam.

Lantas apa yang disebut dengan menstruasi normal bervariasi untuk setiap orangnya ? Pasalnya siklus Anda bisa saja 2 kali untuk setiap bulannya atau malah bisa tidak teratur. Dan hal ini juga berlaku pada setiap keluhan ketika menstruasi yang juga berbeda beda untuk setiap orangnya. Jadi untuk siklus mentruasi yang normal ini adalah ketika Anda merasakan hal normal pada diri Anda sendiri saat mengalami menstruasi dan tidak terdapat keluhan yang berarti.

Penyebab Menstruasi Tidak Normal

1.Stress

Stress ini merupakan masalah yang paling umum dan biasanya bisa menyebabkan wanita mengalami haid dua kali dalam sebulannya. Entah karena menghadapi ujian, masalah keuangan, padatnya jadwal kegiatan atau juga masalah lainnya yang bisa memicu stress, dan memang ini akan mengubah siklus menstruasi Anda sementara.

2. Penurunan Berat Badan berlebih

Selain disebabkan oleh stress, menstruasi juga bisa ikut terganggu yang diakibatkan oleh penurunan berat badan yang ekstrem, kelainan makan seperti anoreksia nervosa atau peningkatan aktivitas fisik.

3. Pubertas

Bagi wanita yang memang baru menginjak masa pubertas biasanya akan mengalami siklus menstruasi yang belum teratur. Anda bisa saja untuk mengalami menstruasi 2 kali dalam sebulannya atau bahkan ada juga yang baru haid sekali dalam waktu tiga bulan.

4. Hipertiroidisme

Hipertiroidisme ini atau bisa disebut juga sebagai kelenjar tiroid yang mana merupakan kondisi kelebihan hormon tiroksin yang telah dihasilkan oleh kelenjar tiroid didalam tubuh. Dan konsisi ini menyebabkan adanya gangguan pada metabolisme tubuh, termasuk juga pada menstruasi.

5. Sindrom Ovarium Polikistik

Sindrom ovarium polikistik ini merupakan sebuah kelainan hormonal umum yang bisa menyebaban adanya kista kecil yang terbetuk didalam ovarium, sehingga menyebabkan menstruasi yang tidak teratur.

6. Penyakit radang panggul

Pelvic Inflammatory Disease (PID) atau penyakit radang panggul adalah infeksi organ reproduktif wanita seperti uterus, serviks, ovarium, atau tuba fallopi. Infeksi organ reproduksi ini bisa menyebabkan menstruasi tidak teratur.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Penyakit, tanggal December 14, 2018
  • Baru-baru ini :

    Cara Menggunakan Bakin Soda Untuk Gigi Lebih Putih  www.herbaltv.co.id...

    Rahasia Perut Ramping Dengan Latihan Otot Perut  – www.herbaltv.co.id...

    Tips Cara Mudah Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah –...

    Selain penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, seseorang juga...

    Minyak Kelapa Ampuh Turunkan Resiko Penyakit Jantung  – www.herbaltv.co.id...