Inilah Penyebab Sakit Pada Ulu Hati dan Pencegahannya

Penyebab Sakit Pada Ulu Hati www.herbaltv.co.id – Apakah Anda sering mengeluhkan rasa sakit pada perut / ulu hati, ? nyeri yang dirasakan ini seperti nyeri panas dan rasa yang terbakar yang timbul pada daerah perut tengah Anda, yang mana bisa menyebar sakitnya keleher. Nyeri yang Anda rasakan ini bisa disebabkan oleh beberapa kondisi seperti Penyakit Maag.

Penyebab Sakit Pada Ulu Hati

Inilah Penyebab Sakit Pada Ulu Hati dan Pencegahannya

Sakit maag merupakan sakit yang bisa dirasakan pada lambung dikarenakan adanya peradangan pada dinding mukosa atau lambung. Dalam bahasa medisnya, sakit maag ini disebut dengan gastritis atau penyakit tukak lambung. Sakit maag memang cukup menggagu bagi sebagian besar orang. Gejala yang ditimbulkan juga bervariasi mulai dari adanya mual hingga rasa nyeri pada perut yang tidak tertahankan.

Gejala Penyakit Maag yang menjadi Penyebab Sakit Pada Ulu Hati

Adapun gejala dari penyakit maag yang ditimbulkan ini pun bervariasi untuk setiap orangnya. Dan gejala penyakit maag yang bisa muncul diantaranya:

1. Nyeri Ulu Hati

Nyeri pada ulu hati ini merupakan gejala yang paling sering untuk dirasakan oleh sebagian besar dari penderita penyakit maag. Dan sakit ini bersifat tajam, menusuk dan terus ada atau konsisten. Nyeri pun juga terkadang bisa dirasakan semakin parah apabila Anda makan, karena lambung sudah terlanjur terluka dan makanan hanya akan menstimulasi peningkatan terjadinya asam lambung yang semakin membuat nyeri.

Pada umumnya dokter akan menekan ulu hati, guna memastikan Anda benar mengalami sakit maag atau peningkatan asam lambung biasa saja.

2. Mual Hingga Muntah

Adanya rasa mual dan bahkan muntah yang sering, bisa untuk dirasakan yang mana ini diakibatkan oleh kenaikan asam lambung yang juga bisa meningkatkan refluks muntah seseorang. Dan gejala ini juga bisa untuk dirasakan selama kadar dari asam lambung masih tinggi.

3. Nyeri menyebar keseluruh lapang perut

Pada sebagian penderita penyakit maag, nyeri ini tidak hanya dirasakan pada ulu hati saja, tetapi juga pada seluruh lapangan perut. Dan hal ini disebabkan oleh adanya peradangan yang telah meluas pada dinding lambung dan juga bagian perut yang sudah terasa nyeri dipersarafi oleh saraf yang sama dengan lambung, sehingga akhirnya rasa nyeri ini akan terasa menjalar juga pada bagian perut yang lain.

4. Nafsu makan yang menurun

Untuk sakit maag bisa juga menurunkan nafsu makan seseorang dikarenakan rasa mual yang bisa untuk dialami ketika asam lambung meningkat. Tidak hanya itu tidak jarang juga nyeri pada sakit maag ini akan bertambah intensitanya, apabila penderita merasakan sakit maag yang mulai mengisi lambungnya dengan makanan. Hal inilah yang membuat penderita sakit maag enggan untuk makan ketika kambuh.

5. Rasa yang terbakar pada dada
Sakit maag juga bisa menimbulkan sensasi yang terbakar pada perut bagian atas sampai ke dada. Hal ini disebabkan oleh lambung yang berada tepat dibawah rongga dada. Asam lambung yang terlalu tinggi pada penderota penyakit maag juga akan menimbulkan arsa panas sampai terbakar pada perut bagian atas dan juga dada.

Cara Mencegah Penyebab Sakit Pada Ulu Hati atau Penyakit Maag

Dalam sekalinya Anda terkena penyakit maag, maka kemungkinan Anda untuk terserang lagi sangat besar. Maka dari itu Anda perlu melakukan upaya pencegahan guna mencegah penyakit maag.

-> Membatasi makanan makanan yang pedas dan asam
Dalam membatasi makanan yang pedas dan asam bisa meredamkan adanya peningkatkan asam lambung yang berlebih. Dan hal ini juga mampu mencegah lambung merusak lapisan dinding lambung dan tukak lambung.

->Makanlah lebih sering dalam porsi yang kecil
Orang yang mempunyai kecenderungan sakit maag dianjurkan juga untuk makan sedikit sedikit dalam porsi yang kecil akan tetapi dalam frekuensi yang cukup sering, misalnya 2-3 jam sekali. Dan hal ini bertujuan untuk asam lambung yang dikeluarkan tidak langsung dalam jumlah besar. Dan Anda bisa saja mengkonsumsi roti atau snack disela jam kerja Anda. Begitu pun juga disela sela antara makan siang dan makan malam.

Sangat tidak dianjurkan untuk Anda makan dalam porisi yang besar sekali, karena hal ini bisa menyebabkan asam lambung diproduksi dalam jumlah yang besar juga sehingga bisa mengiritasi lambung Anda.

-> Menjaga kebersihan makanan
Selalu untuk menjaga kebersihan seperti dengan mencuci tangan sebelum makan dan juga memastikan kebersihan makanan bisa membantu dalam mengurangi resiko dari penyakit maag yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Pastikan juga bahwa makanan yang Anda makan dalam kondisi yang matang.

-> Menjaga kesehatan psikis
Kesehatan psikis atau pikiran dan juga perasaan sangat penting untuk Anda jaga. Hal ini perlu untuk diperhatikan supaya kondisi stress yang tidak membuat asam lambung Anda naik.

-> Segera periksakan diri kedokter.
Alangkah baiknya ketika gejala penyakit maag dirasakan segera konsultasikan dengan dokter guna mencegah dan mendapatkan penangan lebih lanjut yang tepat tentunya.

Penyebab penyakit maag haruslah diketahui dengan pasti supaya penangan sakit maag bisa dilakukan dengan tepat. Dokter juga mungkin akan menyarankan Anda untuk melakukan sebuah tindakan endokospi supaya bisa mengetahuii kondisi lambung Anda.

Endoskopi ini merupakan pemeriksaan lambung dengan cara memasukan alat dengan kamera kecil kedalam lambung melalui mulur Anda.

Inilah Penyebab Sakit Pada Ulu Hati dan Pencegahannya Inilah Penyebab Sakit Pada Ulu Hati dan Pencegahannya
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Penyebab Sakit Pada Ulu Hati www.herbaltv.co.id – Apakah Anda sering mengeluhkan rasa sakit pada perut / ulu hati, ? nyeri yang dirasakan ini seperti nyeri panas dan rasa yang terbakar yang timbul pada daerah...
Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *