Perbedaan TBC Kelenjar dan Kanker Kelenjar Getah Bening

Perbedaan TBC Kelenjar dan Kanker Kelenjar Getah Bening

Meskipun pada dasarnya mempunyai gejala yang sama, yakni adanya benjolan, kanker kelenjar getah bening atau dalam istilah medisnya disebut juga dengan limfoma maka jelas berbeda dengan TBC kelenjar atau yang disebut dengan limfadenitis. Maka dari itu berikut inilah perbedaan antara TBC Kelenjar dan kanker kelenjar getah bening.

Pengertian TBC Kelenjar

Pada umumnya bakteri tuberkulosis menyerang paru paru, namun untuk bakteri ini bisa juga menyerang organ tubuh lainnya seperti halnya otak, tulang, kelenjar getah bening, saluran pencernaan, dan juga yang lainnya.

Dan TBC Kelenjar ini merupakan salah infeksi yang diakibatkan oleh adanya bakteri mycobacterium tuberculosis yang bisa menyerang kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening itu sendiri merupakan sebuah kelenjar yang bisa memproduksi limfosit salah satu sel darah putih yang berperan dalam sistem imun tubuh. Dan kelenjar ini tersebar banyak didalam tubuh manusia, seperti diantaranya leher, ketiak, lipatan paha, selangkangan dan juga disekitan organ dalamnya.

Gejala TBC Kelenjar

Dan berikut ini merupakan gejala dari TBC Kelenjar yang harud diwaspadai

1.Benjolan Tidak Sakit
Tanda tanya yang mungkin sering kali terjadi adalah adanya benjolan yang tidak menimbulkan rasa sakit yang sudah berlangsung lama pada area kelenjar getah bening yang terkena. Seperti halnya dileher dan tepatnya dibawah rahang atau juga ketiak.

2. Benjolan Terkadang Sakit
Selanjutnya benjolan ini akan terus tumbuh dan bisa membesar dan juga kadang kadang bisa menimbulkan rasa nyeri atau sakit pada saat disentuh.

3. Mengalami Gejala TBC
Selain adanya pembengkakan, seseorang yang mengalami TBC Kelenjar ini juga akan mengalami gejala umum seperti halnya gejala TBC, diantaranya badan yang terasa lemas, demam, menggigil dan juga mengalami penurunan berat badan.

4. Terkadang Tidak Menimbulkan Gejala
Pada beberapa kasus, TBC Kelenjar ini tidak menimbulkan tanda yang berati, meskipun bakterinya ini sudah menyebar keseluruh tubuh. Dan oleh sebab itulah, apabila Anda mengalami gejala TBC Kelenjar seperti adanya benjolan didaerah kelenjar getah bening, maka segera hubungi dokter.

Apa itu Kelenjar Getah Bening

Limfoma atau juga kanker kelenjar getah bening merupakan kanker yang muncul pada limfosit. Dan sel sel ini berada pada kelenjar getah bening, limpa, timus dan sumsum tulang belakang serta bagian tubuh lainnya.

Dan apabila sel sel limfosit dalam sistem limfatik ini diserang oleh kanker, maka dampaknya sistem kekebalan tubuh penderita bisa mengalami penurunan sehingga rentang untuk mengalami infeksi. Dan kanker ini telah dikategorikan kedalam dua jenis, yaitu limfoma hodgkin. Dan untuk perbedaan utamanya terletak pada jenis sel limfosit yang diserang oleh sel kanker.

Gejala dari Kanker Kelenjar Getah Bening

1.Pembengkakan Kelenjar Getah Bening
Gejala utama dari limfoma ini adalah adanya pembengkakan kelenjar getah bening yang bisa menimbulkan benjolan dileher, ketiak atau bahkan selangkangan.

2. Batuk dan Sesak
Pada umumnya orang yang mengalami kanker kelenjar getah bening ini akan merasakan batuk, sesak napas, demam mengigil, batuk yang tidak kunjung sembuh, mengalami penurunan berat badan, badan yang meriang yang berkelanjutan dan juga keluarnya keringat dimalam hari.

3. Kehilangan Nafsu Makan
Selain beberapa diantaranya mengaku kehilangan selera makan sehingga menyebabkan berat badan yang menurun, dan juga badan yang terasa lemas, sakit perut, punggung atau nyeri tulang.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Penyakit, tanggal February 19, 2019
  • Baru-baru ini :

    Kenali Penyakit Batuk Rejan Pada Remaja Dan Anak – Anak

    Kenali Penyakit Batuk Rejan Pada Remaja Dan anak –...

    Inilah Bahaya Kebiasaan Mandi Air Hangat Pada Pagi Hari

    Inilah Bahaya Kebiasaan Mandi Air Hangat Pada Pagi Hari...

    Inilah 5 Perubahan Vagina Setelah Anda Melahirkan

    Inilah 5 Perubahan Vagina Setelah Anda Melahirkan  Рwww.herbaltv.co.id...

    Manfaat dan Khasiat Kencur Bagi Kesehatan dan Kecantikan

    Manfaat dan Khasiat Kencur Bagi Kesehatan dan Kecantikan –...

    Tes Cegah Kanker Serviks Bagi Wanita Sudah Menikah

    Cegah Kanker Serviks Bagi Wanita Sudah Menikah – www.herbaltv.co.id...