Penyakit yang Menyebabkan Kesemutan

Penyakit yang Menyebabkan Kesemutan – www.herbaltv.co.id – Pada umumnya seseorang akan mengalami kesemutan apabila duduk bersila, duduk yang terlalu lama, atau tertidur dengan tangan yang tertindih kepala.

Penyakit yang Menyebabkan Kesemutan

Dalam beberapa kasus, kita sering mengalami kesemutan yang berlebih. Nah apabila hal itu terjadi, maka kita sebaiknya berhati hati, dikarenakan hal ini bisa menjadi sebuah pertanda dari beberapa penyakit seperti halnya diabetes melitus, hipertensi, saraf terjepit, gangguan aliran darah pada pembuluh darah tepi, atau juga pada gangguan darah.

Paresthesia atau yang disebut juga denga kesemutan kronis sering adalah simtom dari sebuah penyakit neurolgis atau adanya trauma kerusakan pada syaraf. Ada beberapa diantaranya penyebab dari hal ini yakni gangguan yang mempengaruhi sistem saraf pusat seperti stroke, stroke mini, multiple sklerosis, mielitis transversa, dan juga ensefalitis

Tumor maupun juga lesi vaskular yang bisa menekan otak atau sumsum tulang yang bisa menimbulkan parethesia. Kemudian sindorm saraf seperti sindorm saluran carpal (CTS) yang merusak saraf parifel dan juga bisa menyebabkan parethesia yang diringi dengan rasa nyeri.

Akan tetapi kebanyakan dari kita ini sering kali merasakan kram atau juga kesemutan pada bagian kakinya. Dan perlu untuk diketahui juga dehidrasi atau kurangnya mineral tubuh seperti pottasieum, kalsium dan juga magnesium serta aktifitas tertentu yang berlebihan bisa menyebabkan hal tersebut.

Ketika kita berolahraga, maka tubuh akan mengeluarkan kalsium bersamaan dengan keringat, sehingga ini mudah untuk terjadinya kekurangan kalsium dalam tubuh. Dengan kurangnya kalsium ini maka otot akan berkontrasi, yang sering kita sebut dengan kesemutan atau kram.

Penyakit yang Menyebabkan Kesemutan

Akan tetapi ada yang perlu diperhatikan, kesemutan ini juga ternyata merupakan gejala dari beberapa jenis penyakit, dan berikut ini penyakit yang ditandainya dengan adanya kesemutan.

1. Diabetes Melitus

Kesemutan pada pasien diabetes ini adalah gejala dari adanya kerusakan pada pembuluh darah. Akibatnya darah yang mengalir pada ujung ujung saraf akan berkurang. Dan kondisi ini juga diatasi dengan mengendalikan kadar gula darah secara ketat, dan juga dengan mengkonsumsi obat tertentu.

2. Stroke
Penyakit yang Menyebabkan Kesemutan selanjutnya stroke. Gejala kesemutan juga bisa menjadi sebuah tanda dari stroke ringan. Dan biasanya hal ini disebabkan oleh pembuluh darah pada otak yang bisa mengakibatkan kerusakan saraf setempat. Ada gejala lain yang muncul seperti kebas pada sebagian badan, lumpuh separuh badan, buta sebelah mata, susah bicara, penglikatan kabur atau ganda.

Kondisi kesemutan ini sendiri akan berlangsung beberapa menit atau kurang dari 24 jam, dan biasanya akan terjadi pada waktu Anda tidur atau saat baru bangun darti tidur. Bila mengalami kondisi seperti ini maka harus ditangani dengan cepat, karena bisa berkembang menjadi penyakit stroke berat.

3.Penyakit Jantung

Kesemutan yang dialami juga bisa dikarenakan adanya komplikasi jantung dengan saraf. Untuk pasien
jantung yang aman sedang menjalankan sebuah operasi pemasangan klep, maka terdapat bekuan darah yang menempel. Dan bekuan ini bisa terbawa oleh aliran darah keotak, sehingga terjadilah sebuah embolik.

Apabila sumbatan pada otak ini mengenai daerah yang mengatur sistem sensorik, maka pasien akan merasakan kesemutan sebelah. Dan apabila daerah yang mengatur sistem motorik juga akan terkena kesemutan dan disertai dengan kelumpuhan.

4. Infeksi Tulang Belakang

Hal ini menyebabkan bagian tubuh dari daerah pusar kebawah menjadi tidak bisa digerakan. Pasien juga bida bisa mengontrol rasa ingin buang air kecilnya. Dan buang air besar pun menjadi sulit.

Penyakit ini dinamakan dengan mielitis atau radang sumsum tulang belakang. Pada tingkat kesembuhannya tergantung pada kerusakan yang dialami. Hal ini bisa untuk disembuhkan sebagian, akan tetapi ada juga yang bisa smapai mengalami keleumpuhan.

5. Rematik

Penyakit yangs atau ini dapat menimbulkan kesemutan atau rasa tebal. Dan dalam hal ini saraf yang terjepit sendi pada engsel, misalnya untuk sendi pergelangan tangan, akan berubah bentuk. Dan gejala kesemutan ini bisa hilang dengan sendirinya apabila rematik sudah sembuh.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Gaya Hidup, Informasi Kesehatan, tanggal December 1, 2017
  • Baru-baru ini :

    Ternyata Ini Penyebab Bau Kaki yang Sering Tidak Disadari

    Penyebab Bau Kaki yang Sering Tidak Disadari┬á – www.herbaltv.co.id...

    Inilah Mitos dan Fakta Tentang Wasir

    Siapa tidak kenal penyakit wasir atau ambeien. Jenis penyakit...

    Kenali Penyakit Batuk Rejan Pada Remaja Dan Anak – Anak

    Kenali Penyakit Batuk Rejan Pada Remaja Dan anak –...

    Minuman dan Makanan Yang Harus Dihindari Saat Batuk Kering & Berdahak

    Saat batuk melanda, terkadang aktivitas kita menjadi terganggu. Hal...

    Tips Menurunkan Kolesterol Secara Alami

    Herbal TV – Memiliki tubuh yang sehat merupakan dambaan...