Tanaman Obat Herbal Untuk Hipertiroid dan Cara Pengolahannya

Tanaman Obat Herbal Untuk Hipertiroid – Setelah sebelumnya kita membahas mengenai Mengenal Jenis Penyakit Tiroid dan Cara Mengobatinya, kini kami sampaikan kembali mengenai permasalahan yang bisa saja dialami oleh tiroid. Dan salah satunya adalah hipertiroid, yang mana merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang bisa menghasilkan hormon tiroid yang berguna dalam berbagai proses kimiawi didalam tubuh manusia.

Tanaman Obat Herbal Untuk Hipertiroid dan Cara Pengolahannya

Mengenal Lebih Jauh Hipertiroidisme – Penyebab dan Gejala

Dan untuk hipertiroid atau yang sering disebut dengan kelenjar tiroid overaktif merupakan suatu kondisi ketika hormon toksin yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid terlalu berlebihan. Dalam kondisi ini maka akan menyebabkan gangguan pada sistem metabolisme dalam tubuh. Dan seseorang yang mengalami hipertiroidisme biasanya akan mengalami beberapa gejala hipertiroid berikut ini :

  • Penurunan berat badan yang secara drastis
  • Tubuh yang mengeluarkan keringat secara berlebihan
  • Suasana hati yang mudah dan cepat berubah
  • Sering merasa gelisah
  • Detak jantung yang tidak teratur (berdebar lebih kencang)
  • Kelenjar tiroid yang membengkak sehingga leher juga akan ikut bengkak atau gondok
  • Kulit yang terasa hangat dan lembab
  • Otot sering kali merasakan kedutan
  • Menglami tremor atau juga gemeteran
  • Kulit biduran artau terdapat ruam
  • Telapak tangan yang berwarna kemerahan
  • Rambut yang rontok namun tidak merata
  • Siklus menstruasi yang tidak teratur, menjadi ringan atau juga bisa berhenti sekaligus.

Pada umumnya kondisi hipertiroid sering dialami oleh wanita yang mana menginjak usia 20 tahun hingga 40 tahunan. Meskipun tidak menutup kemungkinan segala usia juga bisa terkena masalah ini

Tanaman Obat Herbal Untuk Hipertiroid

Pengobatan hipertiroid juga bisa untuk dilakukan secara non medis, atau herbal. Dan jika gejala dari hipertiroid yang Anda alami ini masih tergolong ringan, maka Anda bisa mencoba beberapa metode pengobatan hipertiroid dengan memanfaatkan bahan bahan alami berikut ini :

1. Ciplukan

Tanaman Obat Herbal Untuk Hipertiroid dan Cara Pengolahannya

Tanaman Obat Herbal Untuk Hipertiroid Ciplukan, bahan alami yang satu ini ternyata efektif membantu mengatasi masalah hipertiroid yaitu ciplukan. Guna mengobati hipertiroid, Anda dapat memanfaatkannya pada keseluruhan bagian dari tanaman ciplukan ini, baik itu akar, batang, daun, maupun juga buahnya.

Metode pengobatan yang dilakukan menggunakan tanaman ciplukan Anda hanya perlu mengeringkannya tanaman ini lantas kemudian kita merebusnya bersama dengan 3 gelas air hingga air tersisa tinggal separuhnya. Dan selanjutnya minumlah ramuan ini 2 kali dalam sehari yakni dipagi dan sore hari.

Penelitian mengenai khasiat ciplukan sebagai obat hipertiroid ini sudah terbukti. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Mahmood Vessal dari Shiraz University of Medical Science telah membuktikan bahwa tanaman ciplukan mampu mengatasi hipertiroid. Dan penelitian ini dilakukan dengan menyuntikan ekstrak tanaman ciplukan pada tikus betina dewasa. Dan hasilnya terbukti bahwa ekstrak ciplukan mampu menjadi imunomodulator atau peningkat kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya pembengkakan kelenjar tiroid.

2. Kulit Manggis

Tanaman Obat Herbal Untuk Hipertiroid dan Cara Pengolahannya

Kulit manggis memang merupakan bahan herbal yang kaya akan kandungan antioksidan. Selain berguna sebagai salah satu obat hipertiroid, namun kulit manggis juga efektif untuk mencegah perkembangan dari sel kanker dalam tubuh. Adapun antioksidan didalam kulit manggis ini merupakan senyawa yang bernama zat xanthone. Dan senyawa tersebut berkhasiat dalam mencegah terjadinya pembengkakan kelenjar tiroid dan juga mampu menekan perkembangan dari sel kanker yang mana bisa muncul pada perkembangan kelenjar tiroid.

Untuk mengobati hiprertiroid Anda hanya perlu untuk mengeringkan kulit manggis kemudian merebusnya dengan beberapa gelas air. Dan minum ekstrak rebusan kulit manggis tersebut secara rutin 2 kali dalam sehari. Dan jika Anda tidak membuat ramuan ekstrak kulit manggis tersebut maka Anda bisa membeli ekstrak kulit manggis ini yang mana banyak dijual diapotek dan toko obat herbal lainnya.

3. Daun Sirsak

Tanaman Obat Herbal Untuk Hipertiroid dan Cara Pengolahannya

Daun sirsak ternyata mempunyai efek yang sama bagi kesehatan tubuh seperti halnya Tanaman Obat Herbal Untuk Hipertiroid sebelumnya, yang mana daun sirsak ini berperan besar sebagai antioksidan yang efektif untuk mampu melawan perkembangan sel kanker dalam tubuh. Daun sirsak ini kaya akan kandungan senyawa acetogenin yang mana mempunyai daya kerja 10.000 kali lebih kuat bila dibandingkan dengan kemoterapi.

Keefektifan daun sirsak inilah yang berguna dalam mencegah perkembangan kelenjar tiroid dan juga menormalkan produksi hormon tiroksin dalam tubuh sehingga proses metabolismenya juga kembali normal. Dan untuk mengobati hipertiroid Anda hanya memperlukan rebusan dari 5 lembar daun sirsak dengan 2 gelas air, rebus bersama dan sisakan hanya 1 gelas air saja. Kemudian minumlah air rebusan daun sirsak ini setiap pagi dan sore hari.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Penyakit, tanggal February 24, 2018
  • Baru-baru ini :

    Wajib Tahu !!! Pertolongan Pertama Pada Serangan Jantung

    Penyakit jantung merupakan penyakit yang menjadi penyebab kematian nomor...

    Cara Mengobati Hepatitis dengan Daun Kelor

    Penyakit hepatitis merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita...

    Ternyata Ini Penyebab Perut Buncit yang Sering Tak Disadari

    Penyebab Perut Buncit yang Sering Tak Disadari– www.herbaltv.co.id –...

    Trypophobia atau Tangan Bolong Dan Cara Mengatasinya

    Trypophobia atau Tangan Bolong – www.herbaltv.co.id – Trypophobia merupakan...

    Menu Makanan Untuk Penderita Darah Tinggi

    Penyakit tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang...