Tips Cara Berolahraga Untuk Penderita Hipertensi

Cara Berolahraga Untuk Penderita HipertensiĀ  – Kegiatan olahraga alangkah baiknya bila dilakukan secara rutin. Hal ini karena dengan rutin kita melakukan olahraga maka tubuh akan menjadi lebih sehat dan bugar. Namun, bagaimana dengan orang yang menderita hipertensi ? Apakah olahraga ini bisa dilakukan ?

Tips Cara Berolahraga Untuk Penderita Hipertensi

Manfaat olahraga juga akan dirasakan oleh penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dengan berolahraga juga jantung akan bekerja lebih efisien dalam memompa darah, sehingga bisa menurunkan tekanan darah yang tinggi. Selain itu juga, olahraga ini bisa menghilangkan stress. Akan tetapi perlu untuk diperhatikan bahwa olahraga bagi penderita hipertensi ini harus dilakukan dengan tepat. Dan berikut inilah diantaranya Tips Cara Berolahraga Untuk Penderita Hipertensi

1. Memilih olahraga yang cocok

Pada dasarnya tidak ada larangan yang spesifik untuk penderita hipertensi saat berolahraga. Setiap olahraga juga baik untuk mereka, baik itu untuk olahraga yang ringan ataupun juga yang berat. Penderita hipertensi dapat melakukan berbagai diantaranya jenis olahraga seperti kardio, kelenturan, aerobik, bahkan juga untuk latihan kekuatan. Maka dari itu pasien hipertensi hanya membutuhkan kegiatan olahraga yang disukainya.

Tidak hanya memilih olahraga yang disukai saja, pengindap hipertensi juga alangkah baiknya memilih olahraga yang tidak memberatkan fisik mereka. Untuk kata lainnya pasien hipertensi ini sebaiknya tidak untuk memaksakan diri dalam melakukan olahraga berat. Dan lakukanlan olahraga yang sesuai dengan kemampuan fisik dan melakukannya secara rutin.

Untuk mereka yang belum terbiasa dengan olahraga, maka olahraga ini dapat dilakukan secara bertahap. Dan pilihlah olahraga dengan intensitas ringan terlebih dahulu, seperti melakukan jogging, berenang, atau juga bersepeda. Dan setelah terbiasa maka intensitas bisa untuk ditingkatkan. Akan tetapi jangan lupa untuk tidak memaksakan diri dalam melakukan olahraga, serta berolahraga dengan hati yang bergembira.

2. Menyesuaikan Waktunya

Selain kita memilih olahraga yang cocok, dan Cara Berolahraga Untuk Penderita Hipertensi lainnya adalah dengan mengatur waktu olahraga tersebut. Dengan kita mengatur waktu olahraga yang tepat, maka manfaat dari olahraga ini bisa untuk dirasakan lebih maksimal.

Dan seseorang yang sudah mulai terbiasa dengan olahraga, maka lakukanlah olahraga ini dengan intensitas sedang 3-5 kali dalam seminggu dengan durasi waktu sekitar 30 menit. Dan sebaiknya waktunya ini diatur sebaik mungkin dan juga jangan sampai kegiatan olahraganya ini menjadi hal yang memberatkan.

Tidak hanya itu cobalah juga untuk mengkombinasikan olahraga sedang dengan olahraga yang berat jika memang sudah terbiasa. Hal ini dilakukan supaya manfaat dari olahraga bisa untuk dirasakan lebih maksimal.

Dan jika belum terbiasa dengan olahraga, maka lakukan olahraga ini secara perlahan. Dan lakukanlan pemanasan selama 2-3 menit sebelum berolahraga guna menghindari cedera. Dan tidakhanya itu, lakukanlah olahraga dengan durasi yang pendek terlebih dahulu. Dan setelah terbiasa, maka barulah dengan meningkatkan durasi olahraga tersebut.

3. Melakukan pemasanan dan pendinginan

Supaya manfaat dari olahraga ini bisa untuk dirasakan lebih maksimal ini menjadi Cara Berolahraga Untuk Penderita Hipertensi , maka setiap Anda melakukan olahraga jangan melupakan pemanasan dan pendinginan. Pemanasan ini bisa untuk dilakukan dengan tujuan supaya Anda terhindar dari cedera, melatih fleksibitas, dan juga menjaga kesehatan tulang dan persendian.

Setelah kita melakukan olahraga, maka jangan lupa juga untuk melakukan pendinginan. Maka hal ini akan sangat penting untuk dilakukan setiap melakukan sebuah olahraga, terlebih bagi pasien pengindap hipertensi. Oleh sebab itulah ada baiknya untuk memperlambat intensitas olahraga selama beberapa menit sebelum Anda benar benar menghentikannya. Dengan begitu maka anda akan terhindar dari rasa yang biasanya dirasakan setelah Anda berolahraga.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Berita, Penyakit, tanggal September 17, 2018
  • Baru-baru ini :

    Bantu Pemulihan Operasi Caesar Dengan Permen Karet

    Bantu Pemulihan Operasi Caesar Dengan Permen Karet – www.herbaltv.co.id...

    10 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Asam Lambung

    10 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Asam Lambung – Sistem...

    Buah dan Sayur Terbaik Untuk Mengatasi Darah Tinggi

    Buah dan Sayur Terbaik Untuk Mengatasi Darah TinggiĀ  –...

    Ini Kebiasaan yang Menyebabkan Anak Campak dan Rubella

    Kebiasaan yang Menyebabkan Anak Campak dan Rubella – www.herbaltv.co.id...

    Kenali Penyakit Batuk Rejan Pada Remaja Dan Anak – Anak

    Kenali Penyakit Batuk Rejan Pada Remaja Dan anak –...