Tips Cara Membedakan Tumor dan Kanker di Payudara

Tips Cara Membedakan Tumor dan Kanker di Payudara  РSebagian besar perempuan tentunya akan merasa khawatir pada saat menemukan adanya benjolan dipayudara. Tidak sedikit yang lantas beranggapan bahwa benjolan ini merupakan pertanda tumor atau bahkan kanker.Dan biasanya akan muncul juga rasa panik serta sedih, namun takut juga untuk memeriksakan diri kedokter.

Tips Cara Membedakan Tumor dan Kanker di Payudara

Mengenai kepastian apakah benjolan tersebut adalah tumor jinak atau bahkan kanker memang harus memalui beberapa pemeriksaan tambahan. Akan tetapi sebenarnya pemeriksaan terhadap diri sendiri juga bisa menjadi screening awal guna membedakan benjolan mana yang jinak dan mana yang ganas.

Pada faktanya sebagian besar benjolan pada wanita muda merupakan tumor jinak yang terbentuk akibat dari pengaruh hormon haid dan tidak perlu untuk dikhawatirkan. Akan tetapi jangan salah, meskipun kasusnya lebih sedikit, benjolan pertanda kanker payudara ini sering ditemukan setelah memasuki stadium lanjut.

Ketidaktahuan mengenai tanda awal kanker payudara bisa berujung pada berbagai komplikasi. Dan penyebaran kanker juga bisa untuk membahayakan nyawa penderitanya.

Cara Membedakan Tumor dan Kanker di Payudara

Tumor umumnya terbentuk akibat dari adanya pertumbuhan sel sel yang memang terjadi secara berlebihan. Akan tetapi bila kita lihat kembali dibawah mikroskop, maka struktur dalam sel ini pada dasarnya masih normal dan tidak ada penyebaran ketempat lainnya.

Untuk benjolan tumor akan berbeda dengan sel sel kanker yang tumbuh agresif, akan menyebar ke tempat lainnya dan juga mengubah fungsi serta struktur dalam sel itu sendiri menjadi tidak normal. Perbedaan struktur dan karakter inilah yang lantas menjadi tumor jinak berbeda dengan kanker.

Meskipun harus diperhatikan kembali lewat pemeriksaan penunjang lainnya, namun secara kasar tumor dan kanker bisa dibedakan dari pemeriksaan fisik misalnya berikut ini :

1. Perbedaan dari kecepatan pertumbuhan

Tumor payudara pada umumnya tidak akan berkembang dengan cepat dan ukurannya juga akan relatif sama dari waktu ke waktu. Dan benjolan ini mungkin bisa saja untuk hilang saat periode haid sudah berlalu dan bisa untuk muncul kembali menjelang haid berikutnya.

Dan ini berbeda dengan kanker payudara. Diawal, ukurannya mungkin kecil, namun dalam waktu yang singkat ukurannya ini bisa menjadi besar dan menonjol.

2. Ada dan Tidaknya rasa nyeri

Perbedaan dari keduannya ini bisa didapatkan dari ada atau tidaknya sensasi nyeri ketika benjolan ini dipegang. Untuk tumor payudara pada umumnya terasa nyeri, berbeda dengan kanker ini tidak terasa nyeri. Meskipun demikian, pada kasus tertentu yang mana kanker telah menyebar dan bisa menekan daerah sekitarnya, maka rasa nyeri ini bisa untuk terjadi.

3. Teliti kembali benjolan

Bila kita raba kembali dengan sedikit penekanan, untuk benjolan tumor jinak payudara akan teraba dan jelas bentuk dan tepinya. Sedangkan untuk kanker payudara, pada umumnya tepinya ini tidak jelas dan permukaan dari benjolannya tidak halus atau rata.

4. Perlekatan dan dapat tidaknya untuk digerakan.

Karena hanya tumbuh ditempatnya dan tidak menyebar kejaringan sekitarnya, maka tumor jinak payudara umumnya bisa untuk digerakan kekanan dan ke kiri. Pemeriksaan ini juga menunjukan bahwa tumor tidak melakat pada tulang atau juga jaringan lain disekelilingnya.

Dan hal ini berbeda dengan kanker payudara. Karena tumbuh dan menyebar serta menginvasi sekitar, karena umumnya melekat, sehingga tidak bisa untuk digerakan kekanan dan kiri.

5. Lihat Struktur Kulit dan Jaringan Sekitarnya

Salah satu dari tanda khas kanker payudara ini adalah terjadinya perubahan struktur kulit dan puting pada sekitar benjolan . Untuk kanker pori pori pada kulit payudara akan melebar, dan menyerupai kulit jeruk. Tanda ini disebut juga dengan peau d’orange. Dan tanda lainnya dapat berupa puting yang tertarik kedalam yang disebabkan oleh pembentukan jaringan parut didalam payudara tersebut.

Cara Mengatasi Gejala Tumor atau Kanker Payudara

Pertama Anda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kedokter apabila Anda menemukan benjolan yang mencurigakan supaya bisa dievakuasi segera. Untuk memastikannya apakah jinak atau ganasnya suatu benjolan tersebut, maka dokter biasanya akan melakukan serangkaian pemeriksaan seperti USG payudara dan mammogram.

Bila diperlukan juga, dilakukannya biopsi jaringan yang bisa untuk dilakukan dengan mengambil sedikit jaringan payudara menggunakan jarum halus lantas kemudian diperiksa dibawah mikrosop

Dan beberapa tanda ini bisa membantu Anda dalam membedakan mana benjolan yang kemungkinan merupakan tumor jinak dan mana yang patut untuk diwaspadi sebagai tanda kanker. Jadi alangkah baiknya mengenali tanda tersebut dan lakukan deteksi dini terhadap benjolan yang terdapat pada payudraa Anda, supaya bisa untuk segera diketahui benjolan tersebut merupakan tumor atau kanker. Jika ingin lebih teliti, segera periksalah ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat, untuk melindungi Anda dan orang yang Anda kasihi dari ancaman kanker

herbaltv
Diposkan dalam kategori Penyakit, tanggal October 10, 2018
  • Baru-baru ini :

    Inilah 5 Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan

    Daun Bawang – Daun bawang umumnya sering dijadikan sebagai...

    Manfaat Daun Sirsak Untuk Pengobatan Penyakit Batu Ginjal

    Manfaat Daun Sirsak Untuk Pengobatan Penyakit Batu Ginjal- Penyakit batu...

    Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Radang Usus

    Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Radang Usus –...

    Makanan Untuk Penderita Diabetes Tipe-2

    Seorang penderita diabetes, terutama penderita diabetes tipe-2 tidak bisa...

    Ternyata Ini 5 Bahan Alami yang Ampuh Sembuhkan Wasir

    5 Bahan Alami yang Ampuh Sembuhkan Wasir – www.herbaltv.o.id...