Tips Cara Mencegah Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Cara Mencegah Hipertensi – Mencegah ini tentunya akan lebih baik dari pada mengobati. Dan hal ini berlaku juga dalam mencegah kondisi tekanan darah tinggi yang telah menjadi penyebab utama dari tingginya angka kematian didunia. Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan gangguan kesehatan yang sering kali telat untuk terdeteksi dan memang suka disepelekan. Padahal, dari tekanan darah tinggi Anda bisa mengalami berbagai penyakit kronis lainnya.

Cara Mencegah Hipertensi

Akan tetapi saat ini Anda tidak perlu merasa khawatir, karena ada beberapa hal yang bisa untuk Anda lakukan dalam mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi

1. Dengan mengubah pola makan sehari hari

Tips Cara Mencegah Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Pola makan yang tidak baik akan snagat mungkin untuk menyebabkan tekanan darah melonjak. maka itu Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi natrium yang banyak terkandung didalam garam dapur dan juga makanan olahan, supaya tekanan darah tetap normal.

Dan sebaliknya guna mencegah hipertesni maka Anda bisa memilih makanan yang tinggi kaliumnya yang bisa membantu Anda dalam menjaga tekanan darah untuk tetap stabil. Kalium ini bisa untuk Anda temukan dalam kentang, pisang, alpukat, ikan dan juga susu.

Serta tidak hanya itu, ada makanan yang rendah lemak serta makanan yang berserat seperti halnya buah buahan, sayuran dan juga biji bijian utuh yang mana ini dianjurkan juga untuk dikonsumsi.

Kemudian selanjutnya perlu untuk Anda ketahui bahwa saat ini telah ada beberapa jenis diet yang ditujukan untuk seseorang yang mempunyai darah tinggi seperti halnya diet DASH. Dan dengan menerapkan diet ini, maka Anda mengkonsumsi asupan serat yang tinggi, sumber protein dengan kandungan lemak yang rendah, membatasi natrium, serta menghindari makanan dengan kolesterol tinggi. Dan juga tidak lupa untuk minum air putih yang cukup, karena kekurangan cairan akan mempengaruhi jumlah natrium didalam tubuh.

2. Olahraga rutin

Tips Cara Mencegah Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Jangan sampai membayangkan Anda harus menjadi seorang atletik, untuk dapat berolahraga secara rutin. Karena saat ini olahraga sudah menjadi salah satu kebutuhan semua orang dikarenakan bisa menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh termasuk juga dalam mencegah hipertensi. Karena faktanya orang yang berolahraga secara rutin mempunyai resiko hipertensi yang lebih sedikit daripada orang yang tidak melakukan olahraga sama sekali.

Dan untuk menjaga agar tekanan darah tetap normal, maka sebaiknya lakukanlah olahraga selama 2 jam hingga 30 menit perminggunya. Serta tidak perlu untuk olahraga yang terlalu sulit, cukup dengan jalan santai, jogging, atau bersepeda saja sudah bisa mencegah hipertensi. Sementara itu untuk anak anak dan remaja, dianjurkan juga untuk berolahraga selama satu jam setiap harinya supaya tubuh tetap bugar dan juga terhindar dari resiko hipertensi.

3. Menjaga Berat Badan Untuk Tetap Ideal

Tips Cara Mencegah Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Pada faktanya orang yang mempunyai berat badan yang berlebih, baik itu yang overweight atau obesitas maka mempunyai 2 sampai 6 kali peluang yang lebih besar untuk mengalami hipertensi. Oleh sebab itu Anda dianjurkan untuk tetap menjaga berat badan untuk tetap ideal. Karena tidak hanya dapat mencegah hipertensi akan tetapi juga Anda bisa menurunkan berbagai penyakit laihnnya.

Maka mulai saat ini ubahlah gaya hidup anda agar berat badan turun dan akhirnya berada dalam angka yang ideal. Mengurangi sekitar 4-5 kg berat badan yang berlebih ini, maka sudah bisa menurunkan resiko Anda terkena hipertensi.

4. Menghindari Minuman Beralkohol

Tips Cara Mencegah Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Dengan terlalu banyaknya dan seringnya minum bisa membuat tekanan darah ikut melonjak. Dan tidak hanya itu, kebanyakan dari minuman beralkohol ini mempunyai kandungan kalori yang tinggi dan bisa menyebabkan berat badan yang naik.

5. Berhenti Merokok

Tips Cara Mencegah Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi merupakan salah satu efek samping buruk yang dapat menyebabkan dari kebiasaan merokok. Merokok ini juga bisa membuat anda terkena berbagai penyakit kronis seperti halnya stroke, penyakit jantung dan juga serangan jantung.

6. Mengelola Stress dengan baik

Tips Cara Mencegah Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Stress ini akan membuat tekanan darah naik sesaat. Akan tetapi jika anda tidak mengelola stress dengan baik maka tekanan darah akan terus tinggi dan bisa menyebabkan kondisi hipertensi

Stress memang wajar, akan tetapi yang paling penting ini bagaimana anda bisa mengelolanya dengan baik dan benar. Lakukanlah hal hal yang dapat membuat Anda lebih rileks seperti halnya dengan mendengarkan musik, meditasi atau melakukan yoga.

7. Mengecak Tekanan Darah Secara Berkala

Tips Cara Mencegah Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Memeriksakan tekanan darah dengan rutin ini tentunya penting untuk dilakukan, karena dengan begitu Anda bisa mengetahui apakah tekanan darah anda normal atau tidak. Anda juga bisa memriksakan tekanan darah dirumah atau dengan bantuan medis.

Dan bila hasil dari tekanan darah Anda diantara 120-139/ 80-90 mmHg, maka ini merupakan tanda Anda mengalami prahipertensi. Dan kondisi ini akan sangat mungkin untuk menyebabkan hipertensi, meskipun begitu kita tetap bisa untuk mencegahnya dengan mengubah gaya hidup untuk menjadi lebih sehat kembali.

Tips Cara Mencegah Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi Tips Cara Mencegah Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Cara Mencegah Hipertensi – Mencegah ini tentunya akan lebih baik dari pada mengobati. Dan hal ini berlaku juga dalam mencegah kondisi tekanan darah tinggi yang telah menjadi penyebab utama dari tingginya angka kematian didunia....
Berita Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *