Tips Cara Mencegah Penularan Penyakit TBC ke Orang Sehat

Tips Cara Mencegah Penularan Penyakit TBC ke Orang Sehat

Cara Mencegah Penularan Penyakit TBC – TBC atau tuberkulosis merupakan penyakit pernapasanan kronis yang diakibatkan oleh adanya infeksi bakteri. Indonesia sendiri telah menempati peringkat kedua sebagai salah satu negara dengan kasus gejala TBC paru terbanyak setelah India. Dan data terbaru juga dari Profil Kesehatan Indonesia dari Kemenkes telah melaporkan adanya 351.892 Kasus TBC di Indonesia pada tahun 2016. TBC ini adalah penyakit yang sangat menular.

Meskipun sangat mudah untuk menurlar, pengindap TBC sendiri juga harus dan tidak boleh dikucilkan dari lingkungan masyarakat. Anda tidak akan tertular oleh TBC hanya dengan sekedar berjabat tangan atau berbagai makanan dengan pasien TBC.

Cara Mencegah Penularan Penyakit TBC

Dan berikut diantaranya beberapa cara yang dapat dilakukan untuk pasien TBC guna mencegah penularan TBC ke orang sehat atau orang disekitarnya.

1.Menutup Mulut Saat Batuk dan Bersin

TBC ini bisa menular melalui dahak atau air liur yang telah keluar dari mulut. Maka pengindap TBC dianjurkan untuk menutup mulut saat bersin atau batuk. Namun jangan menutup mulut menggunakan kedua tangan Anda. Karena kuman disini bisa berpindah ketangan Anda lantas bisa berpindah ke orang lain saat Anda berjabat tangan atau memegang mereka.

Ada baiknya menggunakan tisu dan juga jangan lupa untuk segera membuangnya ketempat sampah. Jangan dibuang secara sembarangan, atau juga bisa menggunakan sapu tangan pribadi guna menutup mulut. Dan jika tidak ada maka tutuplah mulut Anda dengan memalingkan wajah ke sisi lengan atau siku dalam Anda. Dan jangan lupa untuk menggunakan masker saat berada ditempat umum guna mencegah penularan TBC ke orang sehat

2. Jangan Meludah dan Buang Dahak Sembarangan.

Sama halnya dengan batuk dan juga bersin ditempat umum, buang dahak dan juga meludah tidak boleh sembarangan terlebih ditempat umum. Bakteri yang berada dalam ludah Anda kemungkinan bisa berterbangan diudara dan kemudian terhirup oleh orang orang sekitar Anda.

Dan jika ingin membuang dahak dan meludah, maka lakukan saja dikamar mandi. Siramlah ludah atau dahak Anda sampai terbilas dengan bersih. Apabila situasi dan kondisi ini tidak memungkinkan untuk Anda pergi ke kamar mandi, maka meludahlah diselokan atau kali yang ada air mengalirnya.

3. Menghindari Kontak Langsung dengan Anak anak

Ada baiknya sebisa mungkin untuk menghindari berdekatan atau kontak langsung dengan bayi, balita, atau anak. Karena sistem imun pada anak anak masih belum kuat dan cenderung bisa melemah.

4. Membiarkan Sinar Matahari Masuk keruanga

Kuman penyebab TBC ini pada umumnya bisa untuk bertahan hidup diudara bebas kurang lebih selama satu sampai dua jam, tergantung dari ada atau tidaknya paparan sinar matahari tersebut, kelembapan, dan ventilasi. Untuk kondisi gelap, lembap dan juga dingin, maka kuman TB ini bisa bertahan berhari hari bahkan bisa sampai berbulan bulan.

Akan tetapi bakteri TB ini dapat langsung mati apabila terpapar oleh sinar matahari langsung. Oleh sebab itu bukalah jendela dan tirai Anda ketika cuaca cerah. Dan biarkan juga sinar matahari untuk masuk kedalam ruangan guna membunuh kuman TBC yang mungkin saja bersemayam dalam rumah Anda.

Ketika Anda membuka jendela, sirkulasi udara ini bisa membantu mendorong untuk kuman keluar rumah sehingga mereka bisa mati ketika terpapar oleh sinar matahridan juga sinar ultraviolet.

Tips Cara Mencegah Penularan Penyakit TBC ke Orang Sehat Tips Cara Mencegah Penularan Penyakit TBC ke Orang Sehat
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Cara Mencegah Penularan Penyakit TBC – TBC atau tuberkulosis merupakan penyakit pernapasanan kronis yang diakibatkan oleh adanya infeksi bakteri. Indonesia sendiri telah menempati peringkat kedua sebagai salah satu negara dengan kasus gejala TBC paru...
Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *