Tips Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Tanpa Obat

Cara Mengatasi Batuk Pada Anak – Saat anak batuk, mereka sering kali menjadi gelisah saat tidur karena merasa terganggu oleh batuknya, penurunan nafsu makan sering dialami dikarenakan adanya rasa tidak nyaman pada tenggorokan, dan juga muntah berulang yang diprovokasi oleh batuk.

Mengingat sebagian besar kasus batuk pada anak ini besifat self limiting atau sembuh dengan sendirinya, maka kita sebagian orang tua bisa memberikan terapi  non obat yang bermanfaat seperti berikut ini.

Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Tanpa Obat

Tips Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Tanpa Obat

1. Minum Air Putih

Untuk kondisi jenis batuk berdahak, maka minumlah air putih atau air hangat karena ini sama khasiatnya dengan obat mukotitik, yaitu bisa membatu dalam mengencerkan dahak. Dengan banyak minum maka bisa juga mengencerkan ingus serta lendir tenggorokan supaya lebih mudah untuk dikeluarkan.

Untuk bayi yang kurang dari 6 bulan yang tentunya mendapatkan ASI eksklusif maka disarankan untuk lebih menyusu.

Dan untuk bayi yang tidak ASI eksklusif maka bisa diberikan air putih hangat 1-3 sendok teh sebanyak 4 kali dalam sehari. Sedangkan untuk bayi dengan ASI eksklusif baru bisa diberikan setelah usia 6 bulan keatas.

2. Menggunakan Madu

Sebagai langkah alternatif penyembuhan dan Cara Mengatasi Batuk Pada Anak, maka ibu juga dapat menggunakan madu yang khasiatnya ini sudah diakui oleh dokter. Penelitian American Academic of Pediatric pada tahun 2008 yang menyatakan bahwa madu ini bisa bantu meredakan batuk anak dimalam hari dan lebih aman untuk mengatasi batuk pada anak atau balita. Madu ini juga akan jauh lebih efektif ketimbang extromethrophan (kandungan utama dalam obat batuk).

Namun ada hal yang perlu untuk diperhatikan, madu ini jangan diberikan pada bayi dibawah satu tahun, hal ini berguna untuk menghindari resiko botulisme atau keracunan. Pemberian madu yang baik adalah sesuai usia berikut ini :

Usia 2-5 tahun yaitu 1/2 sendok teh
Usia 6-11 tahun yaitu 1 sendok teh madu
— Dan usia > 11 Tahun : 2 Sendok teh

3. Larutan Garam

Selain itu Cara Mengatasi Batuk Pada Anak juga bisa membuat larutan garam dengan mencampurkan 1/2 – 1 sendok teh garam dengan segelas air hangat. kemudian kita teteskan 2-3 tetes pada lubang hidung anak yang lantas selanjtnya sedot dengan suction atau penyedot ingus. Hal ini dilakukan berguna untuk batu mengurangi sumbatan pada hidung anak. Sedangkan untuk pada anak yang besar, larutan garam ini bisa digunakan untuk berkumur hal ini bertujuan untuk mengurangi nyeri tenggorokan.

4. Mengusapkan Balsam

Usapkanlah balsam pada tubuh anak, namun jangan sampai diusapkan dibawah hidung. Balsam ini mengandung camphor, mentol dan juga minyak eucaliptus yang bisa bantu meredakan batuk pilek dan akan membuat anak tidur lebih nyenyak

5. Makan dan Minum Porsi Sedikit
Berikanlah minuman dan juga makanan kepada anak dengan porsi yang sedikit, akan tetapi lebih sering supaya anak tidak muntah.

6. Menghindari penyebab batuk

HIndari beberapa diantaranya makanan dna minuman yang bisa meransang anak untuk batuk seperti diantaranya es, permen, makanan berlemak dan juga coklat.

7. Dan juga Hindari Asam Rokok

Nah itulah ketujuh dari Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Tanpa Obat, cara ini dapatkan Anda terapkan ketika batuk pada anak melanda. Tidak perlu obat obatan, karena batuk pada anak pada umumnya akan melalui proses self limiting atau sembuh dengan sendirinya. Selamat mencoba, semoga informasi kali bermanfaat.

Tips Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Tanpa Obat Tips Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Tanpa Obat
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Cara Mengatasi Batuk Pada Anak – Saat anak batuk, mereka sering kali menjadi gelisah saat tidur karena merasa terganggu oleh batuknya, penurunan nafsu makan sering dialami dikarenakan adanya rasa tidak nyaman pada tenggorokan, dan...
Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *