Tips Cara Mudah Meningkatkan Kolesterol Baik

Pada dasarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu membangun sel sel agar tubuh bisa tetap berfungsi dengan normal. Oleh sebab itu kolesterol ini baik dalam membantu tubuh dalam memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu guna mencerna lemak. Akan tetapi jika kolesterol sudah berlebihan maka hal ini berbalik membhayakan kesehatan Anda. Dan diperlukannya cara supaya bisa meningkatkan kolesterol baik tanpa menambah kolesterol jahat.

Cara Mudah Meningkatkan Kolesterol Baik

Tips Cara Mudah Meningkatkan Kolesterol Baik

Didalam darah, kolesterol dibawa oleh protein. Gabungan keduanya ini disebut dengan lipoprotein. Dua jenis utama lipoprotein ini adalah lipoprotein dengan kepadatan rendah (LDL) yang biasa disebut dengan kolesterol jahat dan lipoprotein dengan kepadatan tinggi HDL yang umum disebut juga dengan kolesterol baik.

LDL atau kolesterol jahat bertugas dalam mengangkut kolesterol dari organ hati ke sel sel yang membutuhkan. Namun jika jumlahnya berlebihan, maka bisa mengendap pada dinding arteri dan menyebabkan penyakit. Lantas bagaimana cara meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam tubuh ? Berikut ini diantaranya:

1. Pintar dalam memilih makanan

Cara Mudah Meningkatkan Kolesterol Baik  atau  kolesterol HDL dan menurunkan LDL pada dasarnya sangat mudah. Langkah pertama maka Anda harus memilih makanan yang efektif menurunkan kolesterol jahat, seperti :

=> Pilih jenis lemak yang sehat

Lemak yang disarakankan untuk kita pilih adalah lemak tidak jenuh. Lemak jenuh biasanya Anda temukan didalam daging merah dan produk susu dan ini bisa bantu meningkatkan kadar kolesterol baik ataupun kolesterol jahat. Akan tetapi hal ini bukan berarti membuat Anda jadi anti lemak jenuh, karena meski begitu tubuh Anda juga membutuhkan lemak jenuh.

Anda sebaiknya harus mendapatkan tujuh persen kalori harian Anda dari lemak jenuh. Dan jika ingin makan daging, maka pilihlah potongan daging yang lebih kecil. Anda juga masih dapat mengkonsumsi susu, akan tetapi susu yang rendah lemak. Dan pilihlah minyai zaitun dan minyak kanola guna memasak atau minyak yang baik untuk mencegah kolesterol, karena keduanya mempunyai kandungan lemak yang tidak jenuh.

=> Menghindari lemak trans

Sebisa mungkin untuk Anda bisa menghindari lemak trans, karena lemak trans ini bisa meningkatkan kolesterol jahat dan malah menurunkan kolesterol baik. Lemak trans pada umumnya ditemukan didalam gorengan, biskuit, dan kue cemilan. Anda juga bisa memilih susu whey protein. Penelitian juga telah menunjukan bahwa protein whey yang diberikan bisa menjadi suplemen yang bisa menurunkan kadar kolesterol LDL.

=> Perbanyak asam lemak omega 3

Cara Mudah Meningkatkan Kolesterol Baik bisa dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 ini tidak akan mempengaruhi kolesterol LDL Anda, akan tetapi bisa meningkatkan kolesterol HDL dan mengurangi tekanan darah. Ada beberapa jenis ikan seperti salmon, makarel, dan herring yang telah diketahui kaya akan asam lemak omega 3. Dan Anda juga bisa mendapatkan asam lemak omega 3 ini dari kenari dan kacang almond

2. Mengkonsumsi Makanan yang berserat larut

Tingkatkanlah konsumsi makanan yang kaya akan serat larut. Anda bisa menambahkan serat larut ini kedalam menu harian dengan mengkonsumsi gandum, buah buahan, kacang kacangan dan juga sayuran.

3. Berolahraga Rutin
Tidak hanya menyehatkan, olahraga juga bisa Anda gunakan guna mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Olahraga sangat penting guna meningkatkan kolesterol. Karena olahraga ternyata mampu meningkatkan kolesterol baik atau HDL didalam tubuh.

Setidaknya luangkanlah waktu Anda 30 menit untuk berolahraga dalam satu harinya. Anda boleh berjalan santai, bersepeda, berenang atau juga memainkan olahraga favorit Anda.

4. Berhenti Merokok
Tahukah Anda bahwa merokok ini mempunyai kandungan yang dapat menurunkan kolesterol baik ? Didalam rokok telah ditemukan sebuah zat kimia yang disebut dengan dengan akrolein. Zat inilah yang bisa menghentikan aktifitas HDL (Kolesterol Baik) guna mengikuti timbunan lemak yang menuju ke organ hati sehingga bisa mengakibatkan penyempitan arteri atau aterosklerosis. Dan hal ini bisa kita simpulkan bahwa merokok adalah faktor resiko yang sngat besar bagi seseorang untuk bisa mengalami serangan jantung dan stroke

5. Mengurangi Berat Badan

Kurangilah berat badan, apabila Anda mempunyai kelebihan berat badan. Berat badan yang berlebih ini akan mempengaruhi kadar HDL dalam darah. Dan faktanya, apabila berat badan Anda lebih dari normal, maka menurunkan sedikit berat badan ini dapat meningkatkan kadar HDL Anda, dikarenakan setiap 3 kg berat badan yang berkurang, kadar HDL juga bisa meningkat sebanyak 1 mg/dL.

Tips Cara Mudah Meningkatkan Kolesterol Baik Tips Cara Mudah Meningkatkan Kolesterol Baik
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Pada dasarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu membangun sel sel agar tubuh bisa tetap berfungsi dengan normal. Oleh sebab itu kolesterol ini baik dalam membantu tubuh dalam memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan...
Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *