Waspadai Faktor Penyebab Usus Buntu yang Paling Umum

Penyebab Usus Buntu – Usus buntu (apendisitis) merupakan sebuah kondisi dimana telah adanya peradangan yang disebabkan oleh penyumbatan pada usus buntu, sebuah struktur berbentuk selang kecil yang menempel pada bagian awal usus besar. Dalam banyak kasus, penyebab usus buntu ini tidak sepenuhnya mampu diketahui. Akan tetapi peradangan yang bisa terjadi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor resiko dibawah ini :

Faktor Penyebab Usus Buntu

Waspadai Faktor Penyebab Usus Buntu yang Paling Umum

1. Penyumbatan

Faktor resiko yang paling umum dari adanya kondisi penyakit usus buntu ini ialah sumbatan pada usus buntu. Penyumbatan ini pada umumnya disebabkan oleh feses, benda asing, atau bahkan bisa juga karena sel kanker.

Penyumbatan ini lantas bisa menjadi rumah baru bagi para bakteri untuk bisa berkembang biak. Dan lama kelamaan bisa mengakibatkan usus buntu dan menjadi meradang, bengkak, dan juga dipenuhi dengan nanah. Adanya penyumbatan ini juga dapat bersifat sebagian atau pada seluruhnya yang bisa menutupi saluran usus buntu. Bila penyumbatan ini telah menutup keseluruhan rongga usus maka diperlukannya langkah operasi.

2. Faktor Genetik

Tidak hanya karena penyumbatan oleh feses saja atau benda asing lainnya faktor genetik juga ternyata turut serta menjadi Penyebab Usus Buntu dari kemunculan usus buntu akut. Dan ada kurang lebih sebanyak 56% penyebab usus buntu ini merujuk pada faktor genetik.

Untuk resiko usus buntu pada anak yang setidaknya telah terikat darah dengan satu anggota keluarga inti yang mempunyai riwayat usus buntu aktif atau sudah pernah diobati, maka akan meningkat sepeluh kali lipat bila dibandingkan dengan anak yang berasal dari keluarga bebas usus buntu

Penyebab usus buntu akut yang diturunkan oleh keluarga telah dilaporkan ada kaitannya dengan sistem HLA (antigen leukosit manusia) dan golongan darah. Dan mereka juga telah menemukan bahwa golongan darah A mempunyai resiko yang lebih tinggi mengalami usus buntu dari pada golongan O.

3. Infeksi Virus

Salah seorang dokter kepala Operasi GI endokrin di UT Southwestern Dr. Edward Livingston telah menyatakan bahwa radang usus buntu ini mungkin saja bisa disebabkan oleh infeksi virus yang mana penyebab atau infeksi yang belum ditentukan. Hasil ini telah tertuang dalam sebuah makalah yang telah diterbitkan.

Dan para peneliti juga telah menemukan bahwa ada kecenderungan peningkatan kasus Penyebab Usus Buntu selama dimusim panas. Meskipun begitu, belum ditemukannya hubungan sebab akibat yang pasti antara kedua faktor ini.

4. Makanan Rendah Serat

Pada umumnya makanan ini bukanlah salah satu Penyebab Usus Buntu. Akan tetapi penyumbatan usus buntu yang lantas meradang bisa saja akibat dari penumpukan makanan tertentu yang tidak hancur saat dicerna. Misalnya makanan cepat saji, yang mana mempunyai karbohidrat dan rendah seratnya.

Dalam sebuah penelitian yang mana hampir 2 ribu orang Yunani, telah terdeteksi bahwa anak anak yang telah mengalami radang usus buntu ini mampunyai asupan serat yang lebih rendah bila dibandingkan dengan anak anak yang sehat.

Radang usus buntu ini memang paling sering disebabkan oleh adanya penumpukan feses yang mengeras tanda sembelit. Serat ini dapat meningkatkan berat dan ukuran feses dikarenakan bersifat menyerap air, membuatnya lebih lunak sehingga akhirnya akan lebih mudah untuk dikeluarkan melalui anus. Feses yang mengeras juga bisa menjadi tanda bahwa Anda kurang mengkonsumsi makanan yang berserat.

Waspadai Faktor Penyebab Usus Buntu yang Paling Umum Waspadai Faktor Penyebab Usus Buntu yang Paling Umum
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Penyebab Usus Buntu – Usus buntu (apendisitis) merupakan sebuah kondisi dimana telah adanya peradangan yang disebabkan oleh penyumbatan pada usus buntu, sebuah struktur berbentuk selang kecil yang menempel pada bagian awal usus besar. Dalam...
Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *