Waspadai Komplikasi Hipertensi Jika Tensi Dibiarkan Naik

Komplikasi Hipertensi – Hipertensi atau tekanan darah tinggi pada umumnya memang tidak bisa dirasakan dan tidak juga bisa menimbulkan gejala yang berarti. Oleh sebab itulah orang yang seringnya tidak menyadari jikalau mereka mempunyai penyakit darah tinggi, atau buruknya lagi, mereka malah menyepelekan kondisi ini. Dan jika sudah sakit saja, barulah nanti kedokter.

Padahal hipertensi atau tekanan darah tinggi yang hanya dibiarkan terus dan tidak dirawat dengan baik bisa berdampak serius pada kesehtaan tubuh seseorang. Dan berikut ini kami sampaikan mengenai komplikasi hipertensi jika tensi dibiarkan terus naik.

Komplikasi Hipertensi Jika Tensi Dibiarkan Naik

Waspadai Komplikasi Hipertensi Jika Tensi Dibiarkan Naik

Tekanan darah yang normal pada dasarnya adalah 120/80 mmHg. Dan apabila lebih dari angka ini, maka seseorang dikatakan mempunyai keluhan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi sendiri sering terjadi apabila tekanan darah seseorang ini sudah mulai mencapai 140/90 mmHg saat diperiksakan beberapa kali.

Dan apabila tekanan darah tinggi ini dibiarkan tanpa adanya penangan, maka bisa merusak pembuluh darah dan organ dalam tubuh yang bisa menyebabkan adanya komplikasi hipertensi :

1. Mengalami Serangan Jantung

Kondisi tekanan darah tinggi bisa menyebabkan pengerasan dan adanya penebalan arteri pada dinding pembuluh darah arteri. Dan ini disebut dengan aterosklorosis. Kondisi ini menyebabkan adanya penyumbatan pembuluh darah, sehingga jantung tidak bisa untuk mendapatkan cukup oksigen. Dan akibatnya Anda bisa mengalami sebuah kondisi serangan jantung. Gejala peringatan dari serangan jantung ini paling umum adalah nyeri dada dan sesak pada napas.

2. Gagal Jantung

Saat tekanan darah tinggi, maka otot jantung ini akan memompa darah lebih keras supaya bisa memenuhi kebutuhan darah kesemua bagian tubuh. Dan hal ini yang membuat otot jantung lama lama mengeras sehingga jantung akan kesulitan dalam memompa cukup darah. Dan konsekuensinya, adalah gagal jantung bisa terjadi, Gejala umum dari adanya kondisi gagal jantung ini adalah merasakan sesak napas, kelelalahan, bengkak dipergelangan tangan dna juga kaki serta pembuluh darah dileher.

3. Penyakit Stroke

Stroke dapat untuk terjadi saat aliran darah ini kaya oksigen kesebagian area otak telah terganggu, misalnya dikarenakan adanya sumbatan atau pembuluh darah yang pecah. Penyumbatan ini akan terjadi dikarenakan adanya aterosklerosis dalam pembuluh darah. Pada orang yang mempunyai kondisi hipertensi, maka stroke ini mungkin akan terjadi ketika tekanan darah mereka terlalu tinggi, sheingga pembuluh darah disalah satu area otak pecah. Gejala dari Stroke ini diantaranya meliputi kelumpuhan atau mati rasa pada wajah, tangan dna juga kaki, kesulitan berbicara dna kesulitan dalam melihat.

4. Aneurisma

Komplikasi Hipertensi selanjutnya adalah anuerisma yang mana kondisi tekanan darah yang sangat tinggi bisa mengakibatkan salah satu bagian pembuluh darah ini melemah dan menonjol seperti balon, dan membentuklah anuerisma. Pada umumnya ini tidak menyebabkan tanda dan gejala selama bertahun tahun. Akan tetapi jika aneurisma terus membesar dan kemudian pecah, maka ini bisa mengancam nyawa.

5. Masalah Ginjal

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol ini bisa bisa menyebabkan pembuluh darah pada ginjal menyempit dan melemah. Hal ini lantas bisa menggangu fungsi ginjal dan menyebabkan adanya kondisi ginjal kronis.

6. Keluhan Penyakit Mata

Tidak hanya dapat mempengaruhi pembuluh darah pada ginjal saja, tekanan darah tinggi juga dapat mempengaruhi pembuluh darah pada mata. Pembuluh darah dimata ini juga dapat menyempit dan ikut menebal akibat dari tekanan darah tinggi. Pembuluh darah ini lantas bisa pecah dan mengakibatkan kerusakan mata, dan mulailah dari penglihatan kabur sampai mengalami kebutaan.

Waspadai Komplikasi Hipertensi Jika Tensi Dibiarkan Naik Waspadai Komplikasi Hipertensi Jika Tensi Dibiarkan Naik
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Komplikasi Hipertensi – Hipertensi atau tekanan darah tinggi pada umumnya memang tidak bisa dirasakan dan tidak juga bisa menimbulkan gejala yang berarti. Oleh sebab itulah orang yang seringnya tidak menyadari jikalau mereka mempunyai penyakit...
Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *