Yuk Kenali 4 Fakta dan Mitos tentang Batuk

Siapa yang tidak kenal penyakit batuk ? penyakit yang satu ini hampir pernah dirasakan oleh semua orang. Mulai dari batuk ringan maupun batuk berat. Batuk sendiri merupakan bentuk perlindungan tubuh untuk mencegah benda asing masuk ke paru-paru.

Ada banyak jenis batuk mulai dari batuk kering, batuk berdahak, batuk sesaat hingga batuk berbulan-bulan. Seiring dengan popularitasnya, batuk juga dikelilingi berbagai mitos tentangnya. Beberapa mitos yang beredar tentang batuk ada benarnya dan sebagiannya lagi agak keliru. Lalu apa saja sih mitos – mitos yang beredar seputaran batuk ini ? Simak yuk penuturan berikut ini.

mitos tentang batuk

Fakta dan Mitos Tentang Batuk

  1. Mitos batuk pertama yang beredar adalah : Seluruh jenis batuk berasal dari infeksi bakteri dan virus. Faktanya, beberapa jenis batuk sama sekali tidak ada hubungannya dengan virus dan bakteri. Contohnya, ada batuk alergi yang muncul karena seseorang memiliki alergi. Ada juga batuk yang disebabkan karena adanya penyakit lain seperti penyakit asam lambung GERD. Selain itu, penyakit gagal jantung juga bisa membuat penderitanya mengalami batuk.
  2. Mitos kedua yang beredar adalah : semua jenis batuk bisa disembuhkan dengan menggunakan antibiotik. Faktanya, antibiotik hanya bisa mengatasi batuk yang disebabkan oleh bakteri sedangkan kebanyakan batuk disebabkan oleh virus yang tidak bisa ditangani dengan antibiotik. Beberapa jenis batuk lainnya juga bukan merupakan infeksi jadi tidak akan memban dengan antibiotik. Penggunaan antibiotik harus sesuai dengan anjuran dokter. Bila penggunaannya keliru, maka bisa mengakibatkan bakteri kebal terhadap antibiotik tersebut.
  3. Mitos ketiga yang beredar adalah : Bila batuk berlangsung lama, sudah pasti itu batuk Tuberculosis (TBC). Faktanya, gejala berlangsungnya batuk dalam jangka waktu yang lama memang salah satu ciri batuk Tuberculosis namun ada juga jenis batuk lain yang memiliki gejala seperti ini. Sebut saja batuk karena penyakit paru obstruktif kronis, batuk alergi, batuk karena kanker paru-paru, batuk karena pneumonia dan sebagainya.
  4. Mitos keempat yang sering beredar ialah tentang tidak boleh mandi saat seseorang terkena batuk. Faktanya, mandi sama sekali tidak membuat batuk menjadi parah, malahan dengan mandi maka tubuh akan menjadi lebih bersih terawat sehingga terjaga dari sumber penyakit lainnya.

Nah itulah sahabat herbal TV, beberapa fakta dan mitos tentang batuk yang sering beredar di kalangan masyarakat.

Yuk Kenali 4 Fakta dan Mitos tentang Batuk Yuk Kenali 4 Fakta dan Mitos tentang Batuk
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Siapa yang tidak kenal penyakit batuk ? penyakit yang satu ini hampir pernah dirasakan oleh semua orang. Mulai dari batuk ringan maupun batuk berat. Batuk sendiri merupakan bentuk perlindungan tubuh untuk mencegah benda asing...
Informasi Kesehatan Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *